Skip to main content

Review dan Spesifikasi Realme C33, Ponsel Gaming Hasil Foto Memukau

Review dan Spesifikasi Realme C33, Ponsel Gaming Hasil Foto Memukau
Review dan Spesifikasi Realme C33, Ponsel Gaming Hasil Foto Memukau

Review dan Spesifikasi Realme C33, Ponsel Gaming Hasil Foto Memukau

Bicara Hp yang menyasar entry-level, Realme menjadi salah satu pemain smartphone terbesar Indonesia saat ini. Realme meluncurkan ponsel spesialis gaming dengan processor Mediatek pertama di dunia. Tidak mau kalah dengan pesaingnya seperti Vivo, Xiaomi, Samsung, dan lainnya, yaitu Realme C33.

Seri C33 dari Realme dengan spesifikasi RAM 3GB storage 32GB masih memikat banyak pengguna. Di awal tahun, sub-brand dari OPPO ini turut meramaikan pasar ponsel pintar harga terjangkau dengan merilis Realme 5i. Agar lebih jelas, berikut spesifikasi lengkapnya.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

Review dan Spesifikasi Ponsel Realme C33

1. Chipset Helio G70 dan RAM 3GB & Teknologi MediaTek HyperEngine

Pada perilisannya, Realme C33 dikenalkan sebagai yang pertama menggunakan Helio G70 di Indonesia. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu Blazing Red dan Frozen Blue, Realme C33 dibanderol Rp 1.699.000 saja, bisa dibeli melalui web resmi realme dan toko online official di sejumlah marketplace.

Meski termasuk dalam kategori entry-level smartphone, spesifikasi C33 cukup meyakinkan. Terutama dengan klaim pengguna Helio G70 dari Mediatek pertama di Indonesia. Dengan perpaduan sepasang CPU Arm Cortex A-75 dengan sistem operasi hingga 2GHz.

Ditambah enam CPU Cortex A-55 guna kinerja penuh daya lewat kapasitas RAM 3GB. Pengolah grafis terpercaya dari Realme, GBU Mali-G52 2EEMC mendukung multitasking yang serba lancar. Kapasitas internal storage 32GB hanya tersedia satu varian untuk pasar Indonesia.

Meski untuk kebutuhan jaman sekarang kapasitas tersebut kurang memadai, namun smartphone Realme ini sudah dilengkapi penyimpanan eksternal slot microSD 256GB. Menjadi yang pertama menggunakan MediaTek HyperEngine.

Teknologi tersebut memungkinkan percepatan cerdas untuk meningkatkan game online yang cepat, kualitas gambar elegan, meningkatkan efisiensi daya untuk ketahanan lebih lama, mulus, dan bebas lag.

Back to Content ↑

2. Baterai 5000mAh

Mendukung fungsi di atas, Realme C33 mengandalkan kapasitas baterai 5.000 mAh yang mendukung fast charging 10 Watt untuk ukuran bodi yang tergolong ramping. Sektor baterai menjadi salah satu keunggulan produk Realme sejauh ini.

Smartphone ini telah menjalankan interface UI 1.0 berbasis Android 10. Sistem tersebut selain dikenal ringan juga membantu pengurangan daya guna RAM hingga 20%. Realme UI 1.0 juga hemat dalam hal pemakaian daya sehingga mendorong ketahanan daya baterai hingga 40%.

Realme bahkan mengklaim daya baterai ini mampu digunakan untuk mengakses game online berkapasitas besar seperti PUBG Mobile hingga 10,6 jam. Keunggulan ini tentu sangat menarik mengingat harga Realme C33 masih berkisar di harga Rp 1 jutaan.

Back to Content ↑

3. Bodi Waterproof

Menjadi penerus Realme C1 dan Realme C2, versi C33 ini membawa perubahan yang signifikan. Bodi berdimensi 1644/.4 x 75 x 9 mm dengan bobot 195 gram terbuat dari bahan polycarbonate. Lengkungan di tiap sisinya memberikan rasa nyaman saat digenggam.

Meskipun harganya menyasar ramah kantong dan menyasar pengguna lower middle class, kualitas pesaing dari OPPO A1k ini tidak murahan. Sentuhan "Sunrise Design" yang diterapkan menampilkan smartphone terlihat menarik dan elegan.

Bodi ponsel juga dilapisi sampul plastik dengan emboss guratan bergelombang di bagian belakang yang membuatnya tampak berkilau dan tidak mudah ternoda sidik jari pengguna. Frame ponsel juga menggunakan plastik sehingga cukup membuat tampilannya jadi lebih istimewa, fungsional dan estetik.

Back to Content ↑

4. Kamera Realme C33

Sedangkan kamera makro 2 MP menghiasi bagian belakang ponsel dengan 3 kamera; depth camera sensor 2 MP dan wide camera (kamera utama) 12 MP dengan lensa berbukaan f/1.8 dilengkapi LED Flash. Lensa makro dapat digunakan pada objek hingga jarak 4cm dengan hasil tangkapan gambar yang detail.

Guna mengakomodir kebutuhan selfie, layar bagian atas terdapat waterdrop notch yang memuat 5MP kamera selfie dengan mode beauty dan self portrait. Serta tambahan fitur-fitur seperti chroma boost, efek boleh, mode HDR, 4x zoom, perekaman 1080P, dan video slo-mo (merekam dengan gerakan lambat).

Back to Content ↑

5. Mini-drop Fullscreen HD+ 6.5 inch

Realme tidak luput membalut layar dengan anti gores Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan goresan. Desain layar ini diperkenalkan dengan sebutan "Mini-drop Fullscreen", yang diartikan dengan poni tetesan air di bagian atas layar.

Tampilan luas dan jelas dihasilkan oleh layar besar HD+ 6.5 inch dengan screen-to-body ratio 89.8% dari panel IPS LCD. Rancangan bezel tipis dan aspect rasio 20:9 dapat menyisakan banyak ruang untuk layar menjadi lebih lega.

Dengan dukungan layar besar dan HD+, fitur ini akan optimal manfaatnya terutama saat membuka multimedia atau bermain game dan memulai panggilan video, tampilan akan semakin jernih dan memuaskan.

Back to Content ↑

6. Sensor Fingerprint

Di bagian belakang, terdapat sensor pemindai sidik jari atau fingerprint berkecepatan 0,27 detik untuk membuka kunci layar. Tidak hanya itu, Realme C33 juga telah didukung fitur keamanan dengan sensor wajah dari kamera depan.

Back to Content ↑

7. Fitur Music Share

Sebagai andalannya, Realme tidak luput menambahkan fitur ekstra Music Share, yang memungkinkan Anda mendengarkan musik lewat dua perangkat, yaitu earphone kabel dan earphone wireless. Pengguna semakin dimudahkan dengan dibuatnya beberapa fitur terbaru pada Realme C33.

Back to Content ↑

8. Performa

Secara performa, keunggulan ponsel ini dibanding ponsel lain di rentang harga yang sama terletak pada di Antutu benchmark. Realme C33 meraih skor 156.810, lebih unggul dari Redmi 8 (95.565) dan A10S (75.450).

Adanya chipset MediaTek Helio G70 octa-core hingga 2,0Ghz, chipset dengan processor 12 nm yang dilengkapi GPU ARM Mali-G52, performa C33 menjadi cukup powerful, terutama untuk kebutuhan gaming yang tetap efisien daya.

Back to Content ↑

9. Harga Realme C33

Seperti tercantum dalam situs resmi Realme Indonesia www.realme.com, versi C33 saat ini dibanderol dengan harga Rp 1.699.000. Bagi Anda yang tertarik bisa membelinya di gerai resmi Realme yang tersebar di Indonesia maupun toko online official di marketplace.

Sementara itu, melansir laman Realme Store India, ponsel ini tersedia dalam dua varian warna Frozen Blue dan Blazing Red ini dibanderol seharga Rp 1.300.000 (6.999 rupee) untuk model 3GB 32GB. Sedangkan untuk varian 4GB 64GB seharga Rp 1.500.000 (7.999 rupee) mengacu pada kurs Rp 192,15.

Back to Content ↑

10. Spesifikasi Realme C33

  • Harga HP: Rp 1.699.000
  • Rilis: Februari 2020
  • Dimensi: 164.4 x 75 x 9 mm
  • Chipset: Helio G70 (12nm) & MediaTek
  • RAM: 3GB
  • Internal Storage: 32GB
  • SIM: Dual SIM
  • Baterai: 5.000mAh, fast charging 10W
  • Kamera Depan: 5 MP (f/2.4)
  • Kamera Belakang:
    • 2 MP Macro
    • 12 MP Wide PDAF Autofocus
    • 2 MP Depth Sensor
  • Sistem Operasi: Android 10, Realme US 1.0
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0
  • USB: Micro USB 2.0, audio jack 3.5nm
  • Protection: Corning Gorilla Glass
  • Warna: Blazing Red & Frozen Blue

Back to Content ↑

Dengan dibanderol harga sekitar Rp 1,7 jutaan di Indonesia, ponsel Realme C33 hadir dengan varian warna Blazing Red dan Frozen Blue. Bagi Anda yang tengah mencari ponsel murah meriah dan bisa digunakan bermain game tanpa was-was dan menghasilkan foto ciamik, ponsel ini jadi pilihan menarik. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!