Skip to main content

2 Cara Mengembalikan HP Android yang Sudah di Root

2 Cara Mengembalikan HP Android yang Sudah di Root
2 Cara Mengembalikan HP Android yang Sudah di Root
Images source: Pixabay.com

2 Cara Mengembalikan Hp Android yang Sudah di Root

Tahukah kamu bahwa dengan melakukan root pada device Android bisa menyebabkan garansi device kamu hangus jika terjadi kerusakan? Kamu harus mencari cara mengembalikan Hp yang sudah di root tersebut ke pengaturan awal pabrik, agar sistem garansi kamu bisa kembali.

Masalahnya, melakukan reset ke pengaturan awal pabrik untuk device Android yang di root bukan semudah mereset ulang telepon seluler yang belum pernah di root. Karena apabila kamu melakukan kesalahan, maka smartphone Android kamu terancam gagal booting (mengalami bootloop).

Apa itu bootloop? Bootloop merupakan kondisi dimana telepon pintar kamu tidak bisa login ke dalam sistem operasi Androidnya, sehingga kamu tidak bisa menggunakannya seperti biasa. Oleh karenanya, ketika ingin melakukan reset ke pengaturan awal pabrik, pastikan kondisi Hp kamu telah dalam keadaan unroot.

TOC / Daftar Isi

Apa itu Unroot?

Apa sih Unroot itu? Unroot adalah proses pengembalian sistem software device Android kamu ke keadaan semula sebelum di root. Bahasa kerennya, proses mengembalikan semula custom ROM menjadi stock ROM device Android kamu.

Back to Content ↑

Manfaat Mengembalikan Setelan Hp yang Sudah di Root ke Setelan Pabrik

Sebelum masuk ke caranya, kamu harus tahu bahwa melakukan proses unroot pada smartphone Android memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Memudahkan kamu mereset kembali Hp Android kamu ke settingan awal pabrik.
  • Mengaktifkan kembali support garansi device kamu, jika Hp kamu rusak selama dalam masa garansi.
  • Jika custom ROM yang kamu gunakan tidak stabil atau tidak dapat pembaruan keamanan, maka sebaiknya kamu unroot saja Hp kamu. Karena kondisi seperti itu bisa merusak Hp kamu dalam jangka panjang.
  • Pengguna Android akan dengan mudah mendapatkan update OS ataupun security patch dengan hanya sekali klik saja. Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, device kamu harus dalam keadaan unroot.
  • Memudahkan kamu untuk memakai aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan device Android yang tidak di root.

Back to Content ↑

Step By Step yang Harus Dilakukan Sebelum Mengembalikan Setelan Hp yang Sudah di Root ke Setelan Pabrik

Setelah tahu manfaatnya, tentunya kamu ingin tahu apa saja persiapannya untuk mereset Hp kamu ke pengaturan awal pabrik. Karena jika Hp kamu sudah mengalami proses rooting, kamu tidak bisa sembarangan mereset Hp kamu ke pengaturan awal pabrik.

Back to Content ↑

Berikut ini lakukan panduan langkah yang harus kamu lakukan:

1. Cek Terlebih Dahulu Apakah Hp Kamu dalam Keadaan di Root atau Tidak

Cara termudahnya, pakai saja aplikasi Root Checker. Silakan unduh gratis dari Playstore, search Root Checker. Selanjutnya kamu klik Verify Root. Jika munculnya tulisan orange berisi, “Sorry! Root Access is not properly installed on this device”, berarti Hp kamu tidak di root.

Tapi jika munculnya tulisan hijau berisi, “Congratulation ….. Dst.”, maka silahkan lakukan proses unroot, sebelum kamu melakukan reset ke pengaturan pabrik. Lantas, Cara unroot Hp Androidnya bagaimana? Baca artikel ini sampai habis ya.

Back to Content ↑

2. Pentingnya Backup data

Sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik, ada baiknya kamu mem-backup data kamu ke external memory atau ke Personal Computer. Jika tidak mau repot, kamu backup saja data kamu dengan memanfaatkan layanan Google Drive. Karena semua data dan cache yang ada di telepon seluler Android kamu akan hilang setelah di reset.

Back to Content ↑

3. Lakukan Proses Pengecekan Ulang Kedua Tahapan di Atas

Karena apabila kamu telah melakukan proses reset tersebut, semua fitur yang ada pada handphone kamu akan kembali ke awal sebagaimana ponsel itu baru keluar dari pabriknya dan kamu tidak bisa melakukan undo hal tersebut.

Back to Content ↑

Bagaimana Cara Mengembalikan Hp Android yang Sudah di Root Tanpa Bantuan PC?

Sejatinya ada 2 metode unroot Hp Android. Dengan bantuan komputer (PC) atau bisa dengan unroot langsung dari handphone Android kamu. Namun pembahasan kali ini akan menerangkan metode unroot Handphone Android tanpa bantuan PC, alias langsung menggunakan Hp saja.

Banyak software yang bisa kamu manfaatkan untuk unroot langsung dari Hp. Namun, dari sekian banyaknya, ada 2 software pilihan yang mudah untuk kamu gunakan.

Back to Content ↑

1. Unroot Menggunakan Aplikasi SuperSU

SuperSU atau singkatan dari Super User. Aplikasi ini akan terpasang apabila Hp kamu sudah di root. Sesuai namanya, Super User mengizinkan kamu sebagai user mengeksplor sistem software secara lebih mendalam.

Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan Super User untuk mengeksekusi unroot Hp Android dengan tata cara sebagai berikut:

  • Jalankan SuperSU-nya
  • Klik tab ‘Settings
  • Kemudian klik saja pilihan ‘Full Unroot’
  • Selanjutnya akan ada pop-up pemberitahuan bahwa SuperSU akan melakukan ‘Restore stock recovery image’. Kemudian kamu pilih ‘Yes’.
  • Kamu tunggu prosesnya hingga selesai. Jangan kaget jika handphone kamu akan restart sendiri. Justru jika tidak restart setelah kamu menekan tombol ‘Continue’, maka kamu harus me-restart-nya secara manual.
  • Setelah itu, Hp kamu akan booting ulang dan akan memuat sistem OS Android yang sesuai bawaanya (Stock ROM). Setelah berhasil login, kamu bisa Uninstal aplikasinya.
  • Pastikan statusnya sudah berhasil unroot dengan sempurna, pakailah aplikasi Root Checker yang sudah diunduh sebelumnya.

Back to Content ↑

2. Unroot Menggunakan Aplikasi Kingroot

Sebenarnya, Kingroot adalah aplikasi untuk melakukan root device Android. Namun, selain untuk proses root, ternyata aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memproses unroot pada Hp Android kamu.

Kamu bisa memakai Kingroot di PC maupun device Android. Untuk mengeksekusi langsung proses unroot di Hp Android, unduhlah terlebih dahulu aplikasi Kingroot di situs resminya. Selanjutnya ikuti tata cara di bawah ini:

  • Lakukan instalasi Kingroot pada device kamu.
  • Setelah instalasi berhasil, jalankan aplikasi Kingroot-nya.
  • Cari menu ‘Settings’.
  • Selanjutnya klik opsi ‘Remove KingRoot’.
  • Lalu kamu akan mendapatkan notifikasi yang menerangkan bahwa dengan memproses unroot maka akses root kamu akan hilang. Klik ‘Lanjutkan’ untuk memprosesnya dan tunggu sampai selesai.
  • Restart device kamu dan tunggu hingga sistem selesai memuat Android OS-nya. Dan begitu login, kamu sudah kembali menggunakan Stock ROM Android kamu.
  • Untuk memastikan apakah Hp kamu sudah Fully Unroot, jangan lupa cek statusnya menggunakan Root Checker.

Back to Content ↑

Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root ke Setelan Pabrik

Setelah unroot berhasil dengan sempurna, selanjutnya kamu baru bisa mereset Hp Android kamu ke pengaturan awal pabrik dengan cara sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu menu ‘Settings’.
  • Selanjutnya kamu pilih ‘Backup and Reset’.
  • Kemudian pilih ‘Factory Data Reset’.
  • Lalu tekan tombol ‘Reset’ yang terdapat pada layar bagian bawah.
  • Kemudian device kamu akan mulai proses reset ke pengaturan awal pabrik, dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Setelah selesai, kamu sudah bisa menggunakan sistem device Android kamu seperti awal kamu membelinya.

Back to Content ↑

Sekarang setelah kamu memahami cara mengembalikan Hp yang sudah di root ke setelan pabrik, apakah kamu akan mengeksekusinya? Lakukan langkahnya dengan teliti ya. Karena jika salah atau langkahnya kurang, device Android kamu tidak bisa digunakan lagi lho. Semoga Bermanfaat!