Skip to main content

15 Aplikasi Live Streaming Terpopuler, Bisa untuk Android

15 Aplikasi Live Streaming Terpopuler, Bisa untuk Android
15 Aplikasi Live Streaming Terpopuler, Bisa untuk Android

15 Aplikasi Live Streaming Terpopuler, Bisa untuk Android

Pernahkah Anda melihat seseorang berada di depan smartphone atau PC mereka sambil berbicara? Kemungkinan besar orang tersebut sedang melakukan siaran langsung di sebuah aplikasi live streaming ataupun sosial media.

Belakangan ini, video live streaming memang menjadi tren di pengguna internet, tidak hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Selain berfungsi untuk broadcasting atau siaran, aplikasi sejenis ini juga bisa menghasilkan keuntungan bagi para penggunanya.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

15 Rekomendasi Aplikasi Live Streaming Terpopuler

Selain dapat menghibur audiens yang tertarik dengan konten Anda, seorang broadcaster atau penyiar juga akan mendapatkan keuntungan melalui gift yang diberikan sponsor atau viewers yang nantinya bisa ditukarkan menjadi uang.

Di sini telah kami rangkum beberapa aplikasi video live streaming di berbagai kategori yang saat ini sedang populer. Anda bisa mengaksesnya dari PC maupun smartphone Android. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Back to Content ↑

1. Fitur live streaming bawaan sosial media

Setiap sosial media memiliki fitur live streaming masing-masing. Mulai dari Facebook, Tiktok, Instagram, dan YouTube. Jika Anda masih pemula yang ingin coba cek arus, fitur live streaming dari aplikasi media sosial ini bisa menjadi opsi yang tepat.

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lain untuk bermedia sosial maupun live streaming. Sebab fitur siaran langsung tersebut sudah tersedia di sosial media bersangkutan.

Back to Content ↑

2. Bigo Live

Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Dengan jumlah pengguna lebih dari 100 juta lebih, Bigo Live menjadi salah satu aplikasi live streaming terpopuler di kalangan pengguna smartphone. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa berinteraksi langsung dengan broadcaster atau penyiar.

Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Bigo Live. Sejak pertama kali hadir pada 2016 lalu, aplikasi Bigo Live menjadi layanan live streaming bagi konten kreator yang hendak berbagi tutorial memasak, olahraga, maupun sekedar menyalurkan hobi.

Back to Content ↑

3. V-Live

Bagi Anda yang suka hal-hal berbau Korea pasti sudah tidak asing dengan aplikasi live stream bernama V-Live. Naver selaku developer aplikasi ini awalnya memang menyajikan fitur utama (live broadcast) untuk artis-artis K-Pop yang menjadi jembatan bagi mereka dengan berinteraksi dengan fansnya.

Dimana mereka bisa berinteraksi secara langsung melalui komentar. Ada 3 pilihan kategori berbeda di laman aplikasi ini, yaitu New, My Celeb, dan Popular. Semua kategori tersebut menyuguhkan artis Korea dalam menunjukkan aktivitas live streaming mereka.

Back to Content ↑

4. Nonolive

Nonolive merupakan aplikasi social network terpopuler lainnya yang menyediakan layanan live streaming. Tidak hanya game, penggunanya bebas menampilkan kegiatan maupun bakat mereka kepada para pengguna lainnya. Ada berbagai fitur yang memungkinkan streamer berinteraksi dengan audiens.

Penonton dapat memberikan gifts atau hadiah virtual pada konten favorit mereka. Dengan ini, konten kreator akan lebih semangat mengembangkan konten dan melakukan siaran langsung secara rutin. Tak ayal, banyak orang menjadikan aplikasi ini sebagai sumber pemasukan.

Back to Content ↑

5. Live.me

Live.me adalah aplikasi penyedia live streaming video yang memungkinkan streamer berinteraksi dengan audiens. Melihat segala aspek, aplikasi garapan pengembang asal Hongkong ini mungkin terlihat mirip dengan Bigo Live. Pengguna dapat berinteraksi langsung lewat komentar atau berbicara selama siaran.

Jika penonton merasa terhibur oleh siaran tersebut, mereka bisa memberikan gift atau hadiah kepada streamer atau broadcaster. Berbagai hadiah menarik nantinya dapat ditukarkan menjadi uang. Melihat peluang ini, tak jarang banyak penyiar yang rela melakukan siaran berjam-jam untuk mengharapkan gift.

Back to Content ↑

6. Tango

Anda suka bermusik, menyanyi, atau memasak? Maka aplikasi Tango bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini biasa digunakan untuk live streaming jenis konten tersebut. Keunggulannya, Anda bisa menonton live streaming lain yang ada.

Fitur peringkat harian mingguan disediakan untuk membantu pengguna menonton konten streaming pengguna lain. Anda pun tidak perlu repot mengobservasi pesaing dan bebas bereksplorasi dengan ide baru.

Back to Content ↑

7. Nimo TV

Jika Anda seorang gamer, menggunakan aplikasi Nimo TV bisa menjadi opsi yang tepat. Penggemar game eSports pasti sudah familiar dengan aplikasi live streaming yang satu ini. Pasalnya Nimo TV menjadi platform streaming dengan jumlah streamer game terbesar.

Jadi tidak heran jika Nimo TV menggandeng beberapa pro player terkenal untuk menjadi streamer di platform-nya. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik atau bahkan punya bakat main game, bisa mulai coba manfaatkan live streaming di Nimo TV.

Back to Content ↑

8. YouTube Gaming

Masih dari layanan live streaming game. Berbagai pengguna internet mungkin hanya tahu bahwa YouTube adalah platform untuk menonton berbagai macam video. Padahal, YouTube juga menyediakan aplikasi khusus untuk melakukan live streaming game online yang diberi nama YouTube Gaming.

Anda bisa menjajal YouTube Gaming untuk melakukan live streaming game dan menghasilkan uang dari AdSense atau sponsorship. Untuk menggunakan Youtube Gaming, Anda hanya perlu smartphone Android yang mendukung aplikasi.

Back to Content ↑

9. YouNow

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan aplikasi video live streaming YouNow. Soalnya, aplikasi ini memang sangat populer di kalangan pengguna luar negeri. Hal ini terlihat dari jumlah penggunanya yang mencapai lebih dari 50 juta.

Untuk kesan awal, aplikasi YouNow mungkin terlihat seperti aplikasi live streaming pada umumnya. Yaitu mampu memfasilitasi siaran langsung biasa maupun streaming games dengan adanya fitur live chat. Namun, aplikasi ini menyediakan fitur streaming kolaborasi dengan 3 orang secara bersamaan.

Back to Content ↑

10. Kitty Live Streaming

Mungkin aplikasi yang satu ini lebih populer di kalangan streamer perempuan. Live streaming menggunakan Kitty Live bisa mengajak 8 orang lainnya untuk bergabung. Untuk Anda yang rutin siaran dan punya banyak viewers akan dinobatkan menjadi Miss Kitty.

Back to Content ↑

11. Omlet Arcade

Aplikasi live streaming Omlet Arcade akan menampilkan video yang jernih berkualitas tinggi. Sehingga cocok banget menjadi pilihan streaming game online seperti PUBG, Fortnite, dan lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghubungkan siaran ke platform sosial media lain melalui fitur multi-stream.

Back to Content ↑

12. Nexplay

Untuk menarik banyak viewers, Anda bisa membagikan live streaming ke media sosial bahkan ketika siaran berlangsung. Nexplay sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan live streaming dari smartphone maupun PC.

Back to Content ↑

13. Cube TV

Aplikasi Cube TV cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android VIVO karena adanya komunitas VIVO Club Indonesia yang bisa Anda ikuti. Siaran langsung banyak games dengan resolusi yang tinggi adalah keunggulan aplikasi ini.

Back to Content ↑

14. Streamlabs

Streamlabs merupakan salah satu aplikasi live streaming terfavorit. Keunggulannya terletak pada fitur yang bisa membuat Anda melakukan streaming ke berbagai platform di waktu bersamaan. Streamlabs juga dilengkapi fitur live chat dan custom tampilan streaming.

Back to Content ↑

15. Twitch

Twitch populer sebagai aplikasi yang berfokus pada multiplayer games dan e-sport. Streamer dan audiens dapat berdiskusi dan saling berbagi informasi melalui fitur room chat di aplikasi. Games yang paling banyak disiarkan antara lain PUBG, Fortnite, Minecraft, dan masih banyak lagi.

Back to Content ↑

Dari 15 aplikasi live streaming di atas tersebut, manakah yang paling Anda suka? Mungkin Anda bisa memilihnya berdasarkan konten yang akan disajikan agar menyasar audiens lebih tepat. Jadi, daripada penasaran, mending langsung download dan instal aplikasinya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!