Skip to main content

Keunggulan dan Spesifikasi dari Samsung A23

Keunggulan dan Spesifikasi dari Samsung A23
Keunggulan dan Spesifikasi dari Samsung A23

Keunggulan dan Spesifikasi dari Samsung A23

Pada bulan Maret tahun ini, Samsung mengeluarkan produk smartphone baru. Tidak hanya satu, Samsung langsung merilis dua produk smartphone Galaxy A Series milik mereka, yaitu Samsung A23 dan A13.

Meskipun rilis pada bulan yang sama, Samsung Galaxy A23 memiliki fitur dan keunggulan yang lebih baik dibandingkan saudaranya. Mau tau apa saja spesifikasi hingga harga dari Galaxy A23? Berikut informasi selengkapnya:

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

Harga dan Spesifikasi Samsung A23

Samsung Galaxy A23 ini dapat dipesan mulai tanggal 1 April baik secara online maupun offline di Indonesia. Smartphone ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau dan dapat digunakan untuk semua kalangan.

Pada saat yang bersamaan Samsung juga mengeluarkan Galaxy A13 yang memiliki bentuk, ukuran dan desain yang sama persis dengan Galaxy A23. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama, mulai dari kamera, layar, dimensi, berat dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tentu saja ada beberapa perbedaan fitur yang dimiliki dari Galaxy A23 dan A13. Perbedaan tersebut tentu saja juga termasuk dengan harga dari keduanya. Harga pada Galaxy A23 lebih mahal dibandingkan dengan Galaxy 13. Meskipun lebih mahal, harga tersebut masih sangat terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Apalagi banyak orang yang mengatakan bahwa Samsung A23 memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan saudaranya tersebut, yaitu Samsung A13.Penasaran apa saja spesifikasi dan harga dari Galaxy A23? Berikut ini adalah Samsung A23 harga dan spesifikasinya:

  • Spesifikasi: Samsung A23
  • Dimensi dan Berat: 165,4 x 76,9 x 8,44 mm dengan berat 195 gram
  • Layar: LCD 6,6 in Infinity-V Full HD Plus dengan 2.408 x 1.080 pixels dan refresh rate 60 Hz
  • Chipset: 6 nanometer Qualcomm Snapdragon 680
  • CPU: 2,4 GHZ
  • RAM: 6GB
  • Internal: 128GB
  • MicroSD dan SIM: MicroSD bisa mencapai 1TB dan dual nano SIM
  • Kamera Utama: 50 MP, 5 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • UI dan Sistem Operasi: Android 12
  • Baterai: 5.000 mAh dengan Super Fast Charging 25W
  • Fitur Lain: NFC, Sensor Sidik Jari, USB Type-C
  • Warna: Hitam, Biru, Peach
  • Harga: Rp3.500.000,00

Back to Content ↑

Samsung A23 VS Samsung A13

Rilis di bulan yang sama, Samsung A23 dan A13 ternyata memiliki banyak persamaan. Mulai dari, desain, berat, layar, kamera dan lain sebagainya. Akan tetapi, tentu saja keduanya juga memiliki beberapa perbedaan.

Keduanya memiliki beberapa perbedaan fitur sehingga juga dapat mempengaruhi perbedaan dari segi harga. Bisa dibilang bahwa harga dari Galaxy A23 lebih mahal dibandingkan dengan A13. Akan tetapi, fitur yang ada jauh lebih unggul dibandingkan dengan A13.

Bagaimana bisa demikian? Perbedaan apa yang membuat Galaxy A23 jauh lebih baik dibandingkan dengan Galaxy A13? Simak keunggulan dari Galaxy A23 dibandingkan dengan A13 berikut ini:

Back to Content ↑

1. Beda Chipset

Jika ingin membeli sebuah smartphone, mengetahui chipset yang digunakan memang cukup penting. Hal ini dikarenakan chipset memiliki peran penting dalam penggunaan smartphone. Pada Samsung Galaxy A13 mereka menggunakan chipset buatan sendiri, yakni Exynos 850 dengan proses fabrikasinya 8nm.

Sedangkan pada Samsung Galaxy A23 menggunakan chipset Snapdragon 680 dengan proses fabrikasinya 6nm. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Jika pada chipset Exynos 850, mereka menjanjikan pengalaman bermain game yang cukup stabil tanpa lag.

Selanjutnya pada chipset Snapdragon 680, mereka mengandalkan CPU Kryo 265 yang mampu meningkatkan kemampuan untuk memproses gambar dari tiga kamera sekaligus secara simultan. Dengan begitu, tiga kamera belakang yang ada pada Samsung A23 bisa bekerja secara maksimal.

Namun, secara teori semakin kecil angka nanometer pada chipset yang digunakan maka semakin cepat dan efisien juga dalam penggunaan sumber daya pada smartphone tersebut. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Galaxy A23 lebih bagus dalam processornya dibandingkan dengan Galaxy A13.

Ini merupakan salah satu keunggulan dari Galaxy A23 meskipun memiliki bentuk dan desain yang sama dibandingkan dengan Galaxy A13. Akan tetapi, tentu saja Anda bisa memilih smartphone mana saja yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Back to Content ↑

2. NFC

Dilihat dari spesifikasi pada Samsung Galaxy A23 di atas, smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang banyak dicari oleh masyarakat karena memiliki fungsi untuk mempercepat jalur pembayaran dan pengiriman data antar smartphone.

Cara untuk mengirim data yang diinginkan juga cukup menggunakan kontak dari penerima yang Anda inginkan. Bahkan dengan NFC ini Anda juga bisa untuk bertransaksi melalui ATM tanpa menggunakan kartu debit bank.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat datang ke ATM tetapi lupa tidak membawa dompet yang berisi kartu debit atau juga tidak perlu lagi untuk mengisi dompet dengan berbagai banyak kartu karena sudah bisa bertransaksi hanya dengan menggunakan satu sarana, yaitu smartphone yang memiliki fitur NFC.

Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy A13 sehingga menjadi suatu keunggulan bagi Galaxy A23 untuk menarik lebih banyak peminatnya. Jika Anda merupakan seseorang yang sangat membutuh fitur ini maka Galaxy A23 bisa jadi pilihan smartphone yang tepat tahun ini.

Back to Content ↑

3. Fast Charging

Jika pada informasi spesifikasi diatas Galaxy A23 memiliki kapasita baterai 5.000 mAh, ternyata pada Galaxy A13 juga memiliki kapasitas yang sama. Perbedaan dari Samsung A23 dan A13 terletak pada fitur fast charging yang mereka miliki.

Perbedaanya adalah pada Galaxy A23 memiliki fitur fast charging yang jauh lebih cepat, yaitu 25 watt dibandingkan dengan Galaxy A13 yang hanya memiliki fitur fast charging sebesar 15 watt saja. Dengan begitu, waktu yang digunakan untuk mencharger Galaxy A13 akan lebih lama dibandingkan dengan Galaxy A23.

Meskipun begitu, untuk ketahanan baterai pada kedua smartphone tersebut sama-sama memiliki jangka waktu yang cukup lama. Sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa repot untuk sering-sering melakukan charging.

Namun, jika Anda bukan seseorang yang begitu suka menunggu charging smartphone, memilih Samsung A23 dibandingkan dengan A13 bisa jadi pilihan yang tepat.

Back to Content ↑

4. Harga

Kedua smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan tiga perbedaan yang disebutkan di atas. Selain ketiga perbedaan tersebut, mulai dari dimensi, layar, berat, kamera utama, kamera depan dan sebagainya memiliki spesifikasi yang semuanya sama.

Meskipun demikian, kedua smartphone tersebut juga memiliki perbedaan harga yang lumayan jauh. Tentu saja ini dikarenakan beberapa perbedaan yang mereka miliki. Jika pada Galaxy A23 Anda akan mendapatkan harga sekitar Rp3.500.000,00 pada Galaxy A13 dibanderol dengan harga sekitar Rp2.500.000,00 untuk RAM 4GB dan Rp2.700.000,00 untuk RAM 6GB.

Harga kedua smartphone tersebut dibilang masih cukup terjangkau dengan spesifikasinya yang lumayan untuk kelas menengah ke bawah. Anda juga bisa menyesuaikan budget yang dimiliki untuk memilih smartphone mana yang pas.

Back to Content ↑

Bagaimana spesifikasi dan harga dari Samsung A23 di atas? Apakah dengan perbedaan yang juga disebutkan tersebut Anda juga sependapat bahwa Galaxy A23 jauh lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy A13?. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Referensi:

  • https://tekno.kompas.com/read/2022/03/28/16020097/tabel-spesifikasi-dan-harga-samsung-galaxy-a23-di-indonesia
  • https://tekno.kompas.com/read/2022/04/13/13000027/perbedaan-spesifikasi-samsung-galaxy-a13-vs-galaxy-a23-serupa-tapi-tak-sama
  • https://teknologi.bisnis.com/read/20220221/280/1502811/wajib-tahu-ini-3-fungsi-nfc-di-smartphone#:~:text=NFC%20memungkinkan%20pengguna%20untuk%20mengirim,bersamaan%20dan%20pilih%20untuk%20mengirim