Skip to main content

5+ Tips Memilih Influencer untuk Affiliate Marketing dari Durianpay

5+ Tips Memilih Influencer untuk Affiliate Marketing dari Durianpay
5+ Tips Memilih Influencer untuk Affiliate Marketing dari Durianpay
Images source: Clawdevelopment.com

5+ Tips Memilih Influencer untuk Affiliate Marketing dari Durianpay

Pada masa ini, promosi dan penjualan produk tidak hanya dilakukan secara langsung di luar ruangan, door to door hingga memanfaatkan media elektronik saja. Namun Anda juga bisa menggunakan media sosial dan juga e-commerce. Selain menggunakan Durianpay tentunya.

Lebih jauh lagi, Anda juga bisa memanfaatkan Affiliate Marketing. Dimana cara ini bisa dikatakan cukup efektif untuk mempromosikan produk-produk Anda dengan lebih mudah. Namun apakah Anda telah mengetahui apa yang dimaksud dengan affiliate ini? Yuk, simak sedikit penjelasannya berikut ini!

TOC / Daftar Isi

Pengertian Affiliate Marketing yang Bisa Anda Andalkan, Selain Menggunakan Durianpay

Sebagai platform pembayaran dengan teknik Payment Aggregator, kiranya Durianpay bisa menjadi pilihan bagi Anda dalam memulai hingga menjalankan bisnis Anda. Namun tentunya, menjalankan bisnis tidak hanya sekedar menyiapkan berbagai fitur penjualan hingga melakukan transaksi jual beli saja.

Karena ada banyak hal lainnya yang perlu Anda lakukan. Salah satunya yaitu melakukan promosi produk. Jika sebelumnya, Anda banyak memanfaatkan media elektronik maupun media cetak dalam mempromosikan produk Anda.

Maka kini, seiring berkembangnya dunia digital, promosi produk juga bisa Anda lakukan dengan mengandalkan teknologi digital. Seperti diantaranya melalui media sosial dan juga e-commerce. Namun selain keduanya, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan jasa orang lain untuk mempromosikan produk ini.

Dimana layanan promosi ini dikenal dengan istilah Affiliate Marketing. Bagi Anda yang belum begitu paham mengenai istilah ini, Anda bisa menyimak informasi berikut ini. Layanan affiliate adalah sebuah layanan jasa yang biasanya dilakukan oleh seorang influencer maupun lebih, untuk mempromosikan sebuah produk.

Dalam arti, saat Anda menggunakan Affiliate Marketing, maka Anda telah menjalin kerjasama dengan seorang influencer. Dimana dari adanya kontrak kerjasama tersebut telah disepakati, bahwa influencer tersebut akan mempromosikan produk yang Anda jual, baik itu melalui blog, channel Youtube, hingga akun media sosial yang mereka miliki.

Adapun komisi yang akan mereka terima biasanya akan disesuaikan dengan kontrak yang dibuat. Dimana komisi tersebut bisa diperoleh dengan beberapa kebijakan seperti berikut ini. Diantaranya:

  • Cost per Click. Dimana komisi yang akan didapatkan oleh influencer nantinya, diperoleh dari biaya yang berlaku saat pengunjung maupun follower dari influencer tersebut mengklik konten promosi yang dibuat

  • Cost for Lead. Dimana komisi akan diterima berdasarkan proyek yang dilakukan. Dalam arti, komisi akan diterima untuk setiap proyek promosi yang dilakukan

  • Cost per Sale. Dimana komisi untuk influencer ini, akan diberikan setelah produk terjual, dan berdasarkan kebijakan lainnya

Back to Content ↑

5 Tips Memilih Influencer untuk Affiliate Marketing Terbaik

Sebagaimana dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, bahwa affiliate untuk marketing ini tidak bisa lepas dari adanya peran dari influencer. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis yang menggunakan platform Durianpay untuk mempermudah transaksi bisnis Anda.

Kiranya Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini, sebelum Anda memilih jasa influencer untuk melakukan promosi terhadap produk-produk yang Anda jual. Beberapa tips tersebut diantaranya:

Back to Content ↑

1. Pilihlah Influencer yang Telah Memiliki Jumlah Follower yang Banyak

Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam memilih influencer untuk menjadi affiliate dari bisnis Anda adalah dengan memilih influencer yang telah memiliki followers yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan, dengan banyaknya jumlah followers yang dimiliki oleh seorang influencer.

Maka hal ini bisa lebih memudahkan proses promosi yang dilakukan. Karena besar kemungkinan, setiap konten yang dibuat untuk tujuan affiliate (Promosi) tersebut, akan ditonton oleh para followers tersebut, yang mungkin saja akan membuat followers tersebut tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut.

Alasan lainnya tentu saja dengan memilih influencer dengan jumlah follower yang banyak. Maka hal tersebut bisa dijadikan patokan, bahwa influencer tersebut memang memiliki kemampuan yang cukup diandalkan untuk mengajak orang-orang untuk membeli produk yang mereka promosikan.

Back to Content ↑

2. Pilihlah Influencer yang Sering Membuat Konten Affiliate

Tak bisa dipungkiri, bahwa influencer yang sering membuat konten promosi berupa Affiliate Marketing ini, besar kemungkinan memang telah terbiasa dan memiliki kemampuan yang lebih dalam mempromosikan (Affiliate) produk.

Maka dari itu, selain mencari tahu mengenai jumlah follower yang dimiliki, Anda juga perlu mencari tahu mengenai konten-konten apa saja yang mereka buat. Karena meskipun telah memiliki follower yang banyak. Namun ada beberapa influencer yang memang tidak begitu tertarik untuk melakukan affiliate.

Back to Content ↑

3. Pastikan untuk Memilih Influencer yang Sering Membuat Konten Beragam, dengan Ide-Ide Kreatif dan Menarik

Meskipun affiliate dari marketing ini bisa dilakukan hanya dengan cara mempromosikan sebuah produk. Namun biasanya, influencer yang kreatif akan mengemasnya dalam bentuk yang unik dan menarik.

Misalnya dengan membuat sebuah konten mengenai review, tutorial penggunaan produk, membuat sebuah video unboxing, hingga membuat konten-konten yang berkaitan dengan produk yang dijual. Contohnya konten yang berupa informasi mengenai metode pemesanan, metode pembayaran yang telah disediakan oleh Durianpay, hingga informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan produk yang dipromosikan.

Sementara di akhir konten, influencer tersebut biasanya akan menyampaikan kata-kata yang sebenarnya hal tersebut lebih ditujukan pada aktivitas soft selling. Jika memang Anda menemukan influencer dengan kategori seperti itu. Maka Anda tak perlu ragu lagi untuk memintanya untuk bekerjasama dalam program affiliate, dengan besaran komisi yang telah disepakati sebelumnya.

Back to Content ↑

4. Pilihlah Influencer dengan Komisi yang Sesuai dengan Kemampuan

Jika Anda telah melakukan beberapa tips diatas, maka sebenarnya, Anda tidak perlu terburu-buru untuk langsung mengajak influencer tersebut untuk menjalin kerjasama affiliate marketing. Karena sebelumnya, Anda perlu mengetahui besaran komisi yang ditetapkan oleh influencer tersebut.

Biasanya, setiap influencer akan menetapkan komisi dengan kebijakan yang berbeda-beda. Diantaranya komisi berdasarkan biaya per klik (Cost per Click), biaya per proyek (Cost per Lead), hingga komisi yang diperoleh dari setiap penjualan (Cost per Sale).

Meskipun demikian, besaran komisi yang ditetapkan tentunya akan berbeda, sesuai dengan kemampuan dari masing-masing influencer. Maka dari itu, Anda perlu mencari tahu mengenai kemampuan dari influencer tersebut, berdasarkan tips-tips di atas.

Dimana semakin tinggi kemampuan affiliate yang dimiliki, maka akan semakin besar pula besaran komisi yang ditetapkan oleh influencer tersebut. Namun selain telah menggunakan platform Durianpay, Anda juga tentunya dituntut untuk memilih influencer yang berkompeten, bukan?

Karena memang influencer yang telah mahir dan berpengalaman tersebut akan lebih mudah untuk melakukan promosi, hingga mempengaruhi banyak orang untuk membeli produk yang di-affiliate tersebut.

Sehingga bisa diartikan, bahwa budget yang akan Anda keluarkan untuk membayar komisi affiliate marketing tersebut tentunya akan sedikit mahal. Meskipun demikian, proses promosi yang dilakukan akan lebih efektif dan tepat sasaran.

Namun bagaimana jika budget yang dimiliki tidaklah cukup untuk membayar influencer tersebut? Solusi yang tepat tentunya dengan memilih influencer dengan besaran komisi yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Meskipun memang, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai kemampuan affiliate yang mereka miliki. Dalam arti, jangan sampai karena budget Anda tidak mencukupi, maka Anda memilih influencer yang asal-asalan, serta tidak memiliki kemampuan affiliate sama sekali.

Back to Content ↑

5. Pilihlah Influencer yang Sesuai dengan Kategori Produk yang Akan Dipromosikan

Tips ini sebenarnya tak kalah penting dari tips-tips lainnya yang telah dibahas sebelumnya. Dimana meskipun Anda telah melakukan sejumlah tips diatas, namun jika Anda memilih influencer yang tidak sesuai dengan produk yang Anda jual. Maka hal tersebut akan sia-sia saja.

Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena bayangkan saja, bagaimana mungkin Anda menjual produk berupa skincare, sementara Anda memilih influencer pria dengan tampilan macho dan garang? Sementara skincare tersebut memang produk yang ditujukan untuk kaum wanita saja? Maka dari itu, memilih influencer yang sesuai dengan kategori produk yang dijual dan dipromosikan, sangatlah penting untuk dilakukan.

Back to Content ↑

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih influencer untuk affiliate marketing dari produk yang Anda jual. Namun selain itu, agar lebih memudahkan bisnis yang Anda miliki, maka Anda bisa menggunakan Durianpay, yang akan memberikan kemudahan dalam setiap transaksi pembayaran yang dilakukan oleh semua pelanggan Anda. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!