Skip to main content

11 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome, Mudah dan Gratis

11 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome, Mudah dan Gratis
11 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome, Mudah dan Gratis
Images source: Pixabay.com

11 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome, Mudah dan Gratis

Sebagai penyedia layanan jaringan internet, Indihome kini menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagaimana jika jaringan tersebut terkendala? Jangan khawatir, artikel ini akan mengulas cara memperkuat sinyal Wifi Indihome.

Layanan penyedia jaringan dari PT Telkom Indonesia ini terbilang paling banyak terpasang sebagai internet rumahan. Namun, ada beberapa kendala yang kerap terjadi, seperti kecepatan internet yang kurang stabil bahkan menurun, hingga sinyal lemah.

TOC / Daftar Isi

Penyebab Sinyal Wifi Indihome Lemah

Apakah kamu juga menghadapi persoalan yang sama? Tidak perlu risau, sebab ada banyak cara mengatur jaringan Wifi Indihome agar lebih stabil. Namun, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja penyebab sinyal lemah.

Back to Content ↑

1. Router Tidak Bagus dan Penempatan yang Salah

Faktor penyebab sinyal kurang kuat, salah satunya adalah kamu memasang router yang tidak bagus, dan kurang mampu memberi cakupan area lebih luas.

Umumnya, ketika berlangganan jaringan internet, maka perangkat tersebut sudah satu paket dalam pemasangan. Mau tidak mau, kamu harus menggunakan perangkat yang ada.

Problem lainnya, ketika kamu menempatkan perangkat pada posisi yang kurang tepat. Apabila kamu ingin sinyal bisa tersebar luas, maka letakkan alat pada ruang yang luas. Tujuannya, agar tidak terhalang benda atau dinding. Idealnya, berada di tempat yang tinggi.

Back to Content ↑

2. Terhalang Dinding

Meski terkesan remeh, hal ini cukup menjadi problem yang pelik ketika kamu memiliki jaringan internet sendiri. Namun, kamu harus paham bahwa sinyal internet butuh medan terbuka saat hendak memancarkan frekuensi.

Apabila sinyal tersebut terhalang oleh dinding, maka akan membuatnya lemah. Sinyal hanya akan berkutat pada titik di dekat akses internet tersebut.

Back to Content ↑

3. Paket Internet

Kendati internet yang kamu gunakan adalah unlimited, namun kebijakan Fair Usage Policy (FUP) tetap diterapkan. Maka, apabila pemakaian internet melebihi batas FUP tersebut, secara otomatis kecepatan internetnya pun akan berkurang.

Maka, kamu butuh untuk upgrade paket internet agar koneksi lebih stabil.

Back to Content ↑

11 Cara Memperkuat Jangkauan Sinyal Wifi Indihome

1. Atur Kekuatan Transmisi

Kamu bisa melakukan pengaturan pada bagian Wifi Transmission Power. Tujuannya, untuk menambah jangkauan Wifi Modem.

Yang harus kamu lakukan, pertama adalah memastikan perangkat sudah terkoneksi dengan jaringan Indihome. Lalu, buka konfigurasi 192.168.1.1 pada peramban, dan masukkan username admin/user serta password admin/user.

Kemudian, pilih ke Network > WLAN Control, kemudian masuk ke menu Transmitting Power. Ubahlah nilainya ke opsi paling maksimal.

Back to Content ↑

2. Ubah Frekuensi

Kamu juga memakai trik dengan meningkatkan frekuensi serta Channel Wifi. Cara ini juga cukup ampuh untuk memperkuat jangkauan dan sinyal modem.

Caranya, ganti frekuensi modem kamu, mulai dari 2.4 Ghz hingga menjadi 5Ghz. Selanjutnya, ubah channel yang kamu pakai menggunakan aplikasi Wifi Analyzer.

Back to Content ↑

3. Gunakan Penangkap Sinyal

Kamu juga bisa memanfaatkan perangkat seperti Wifi Repeater yang fungsinya untuk penguat sinyal Wifi Indihome yang bersumber dari router ataupun modem. Beberapa perangkat yang bisa menjadi pilihan antara lain lain Tenda N301, TP LINK TL WA850RE atau Xiaomi Wifi Amplifier.

Harganya pun beragam, mulai dari kisaran Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu. Bisa kamu dapatkan di toko komputer atau marketplace online.

Back to Content ↑

4. Sambung dengan Antena Mifi

Cara memperkuat sinyal Wifi yang jauh, kamu bisa menggunakan perangkat ini untuk mengatasi masalah sinyal pendek. Mengapa demikian? Sebab, umumnya perangkat dengan antena internal yang standar, jangkauannya pendek dan menyebarkan sinyal pendek.

Dengan tambahan antena pada perangkat ini, maka jangkauan sinyal pada modem kamu akan semakin luas.

Perangkat ini memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir mirip dengan modem USB. Meski demikian, alat ini menggunakan tenaga baterai yang bisa kamu ganti atau isi ulang.

Back to Content ↑

5. Jauhkan Benda Elektronik di Sekitar Modem

Usahakan kamu menempatkan perangkat di posisi yang jauh dari benda elektronik. Seperti AC, TV, atau layar komputer. Sebab, benda-benda ini memiliki gelombang elektromagnetik.

Keberadaan gelombang ini akan berpengaruh terhadap sinyal internet. Letakkan modem di posisi yang lebih tinggi dari benda lainnya.

Back to Content ↑

6. Rajin Lakukan Restart

Opsi menjalankan ulang atau restart perangkat memang kerap menjadi pilihan. Tidak berbeda dengan alat seperti laptop atau ponsel, kamu juga bisa melakukan ini pada modem.

Sebab, perangkat internet ini juga tak jarang mengalami gangguan sinyal. Maka tidak ada salahnya jika kamu melakukan restart modem dalam waktu berkala.

Back to Content ↑

7. Cek Kemampuan Internet

Kamu juga wajib tahu berapa kekuatan layanan internet kamu. Tersedia beberapa paket, mulai dari 20, 30, 40 hingga 200 Mbps.

Ukuran paket internet tersebut, harus sesuai dengan besarnya penggunaan. Apabila kamu menggunakannya untuk jumlah pengguna atau alat melebihi batas, makan sinyalnya akan melemah.

Idealnya, setiap 20 Mbps akan bekerja optimal untuk 5 perangkat, kemudian 30 Mbps untuk 7 perangkat, 50 Mbps untuk 18 perangkat, 100 Mbps untuk 25 perangkat dan 200 Mbps untuk 30 perangkat.

Apabila kamu sudah tahu batas pemakaian perangkat, maka kamu bisa menggunakan paket internet tanpa kendala sinyal lemot. Kamu juga bisa berkonsultasi ke petugas seputar pemilihan paket internet yang tepat sesuai kebutuhan.

Back to Content ↑

8. Bersihkan Peramban

Faktor lain yang bisa saja menjadi penyebab jaringan kamu lemot adalah penggunaan peramban atau browser. Kamu perlu memeriksa jumlah cache yang ada dalam peramban milikmu. Termasuk riwayat penggunaan di dalamnya.

Keduanya memiliki data aktivitas browsing yang akan terus tersimpan. Apabila sudah terlalu banyak, akan membuat kecepatan internet dalam peramban berkurang.

Caranya cukup mudah, hapus saja secara berkala. Rasakan perbedaan dari sebelumnya.

Back to Content ↑

9. Pakai Stop Kontak Khusus untuk Modem

Cara ini juga cukup banyak membantu mengatasi masalah internet lambat. Kamu bisa menggunakan satu stop kontak yang hanya khusus untuk modem. Usahakan untuk tidak banyak memasang perangkat listrik lainnya.

Back to Content ↑

10. Waspadai Pencuri Sinyal

Kamu tentunya sudah mengetahui bahwa jaringan internet yang lemot, salah satu penyebabnya adalah keberadaan pengguna dalam jumlah banyak. Keberadaan orang-orang yang tidak kamu inginkan inilah yang bisa menjadi sumber masalah.

Kamu wajib untuk selalu rajin melakukan pengecekan untuk menghindari orang-orang yang mencuri koneksi tanpa sepengetahuanmu.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Fing di Google Play untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk melihat siapa saja yang sudah menggunakan jaringan internet kamu. Aplikasi ini juga mudah untuk kamu, dan bisa kamu unduh gratis.

Back to Content ↑

11. Rajin Ganti Password

Cara sederhana ini namun pada kenyataannya cukup efektif. Kamu bisa melakukan penggantian password secara berkala. Caranya pun cukup mudah. Masuklah ke konfigurasi Indihome yang berada di belakang modem.

Kiat ini akan menyulitkan orang-orang yang hendak numpang internet milik kamu tanpa izin. Alhasil, penggunaan jaringan tetap berada di titik wajar, sehingga koneksi tetap stabil bebas lemot.

Back to Content ↑

Demikianlah cara memperkuat sinyal Wifi Indihome. Semoga bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna layanan tersebut, yang terkendala sinyal atau jaringan lemot. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat!