Skip to main content

5 Smartwatch Terbaik 2022: Fitur Lengkap

5 Smartwatch Terbaik 2022: Fitur Lengkap
5 Smartwatch Terbaik 2022: Fitur Lengkap
Images source: Internet

5 Smartwatch Terbaik 2022: Fitur Lengkap

Sekarang ini smartwatch bukan cuma dijadikan sebuah aksesoris semata, fungsi dari smartwatch sekarang bukan cuma sebatas memperlihatkan pesan, notifikasi, dan panggilan dari Smartphone. Sekarang ini Anda bisa membantu olahraga, melacak aktivitas, memantau pola tidur, bahkan mendengarkan musik dengan menggunakan smartwatch.

Smartwatch merupakan gabungan antara jam tangan dan teknologi smartphone. Sekarang ini banyak orang yang menggunakan smartwatch karena praktis dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari mulai dari saat santai sampai dengan berolahraga. Bahkan perangkat ini bisa meningkatkan kesehatan dan juga kebugaran tubuh.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

5 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2022

Ada banyak sekali smartwatch yang dirilis oleh berbagai brand terkenal, mereka saling bersaing untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Saking banyaknya jenis smartwatch yang ada, mungkin Anda bingung mau pilih yang mana. Nah berikut ini smartwatch terbaik yang bisa Anda beli di tahun 2022.

Back to Content ↑

1. Apple Watch Series 7

Apple Watch Series 7

Rekomendasi smartwatch terbaik yang pertama adalah Apple Watch Series 7. Perangkat ini memiliki spesifikasi internal yang sama seperti series sebelumnya, yang membedakan adalah pada segi layarnya. Apple Series 7 hadir dengan layar lebih besar namun dimensinya tidak jauh berbeda dengan series sebelumnya.

Layar yang lebih lebar ini dihasilkan dari bezel yang lebih tipis, yaitu cuma 1,7mm atau 20% lebih kecil daripada Series 6. Selain itu, Apple Watch Series 7 juga menghadirkan dua ukuran baru, yaitu ukuran 31mm dan 45mm.

Dia juga dibekali dengan watch faces yang baru dan eksklusif dengan ukuran keyboard QWERTY yang lebih besar karena ukuran layarnya tersebut. Daya tahan dari baterai Apple Watch Series 7 ini juga bisa mencapai 18 Jam. Bukan cuma itu saja, pengisian baterainya juga sangat cepat dan hanya membutuhkan 1 jam sampai penuh.

Untuk fitur-fiturnya sendiri masih sama seperti Series 7 dan dibekali dengan chipset yang sama. Oleh karena itulah Anda bisa menggunakan fitur pengukuran oksigen dalam darah dan electrocardiogram di perangkat tersebut.Yang disayangkan dari Apple Watch Series 7 adalah hanya bisa dihubungkan dengan perangkat iPhone.

Harga: Rp7,9 jutaan

Back to Content ↑

2. Apple Watch SE

Apple Watch SE

Apple Watch SE merupakan salah satu smartwatch terbaik Apple yang dirilis bersamaan dengan Apple Watch Series 6. Bisa dikatakan series ini merupakan versi lebih murah dari Apple Watch, dengan harga yang lebih murah fitur yang diberikan juga tidak selengkap Apple Watch Standar.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena Apple Watch SE ini dibekali dengan berbagai fitur mirip seperti Apple Watch Series 6, diantaranya adalah gyroscope, accelerometer, altimeter yang selalu hidup, pendeteksi jatuh, sleep tracking, dan deteksi cucian tangan.

Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan darurat atau Emergency SOS. Salah satu fitur yang tidak ada di Apple Watch SE adalah tidak adanya kemampuan always-on display, ECG, dan Oximeter.

Untuk dapur pacunya sendiri, Apple Watch SE dibekali dengan processor dual-core sama seperti Apple Watch Series 5. processor ini diklaim memiliki kecepatan dua kali lipat dari iWatch Series 3. Sedangkan untuk sistem operasi, perangkat ini menggunakan watchOS .

Bagi Anda yang menggunakan Smartphone iPhone, Apple Watch SE ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi kebutuhan Anda. Sama halnya seperti Apple Watch Series 6, bedanya versi SE ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Ada dua versi dari Apple Watch SE, yaitu versi 40mm GPS dan 44mm GPS.

Harga: Rp5,1 jutaan

Back to Content ↑

3. Garmin VivoActive 4

Garmin VivoActive 4

Perangkat Garmin sangat terkenal dengan GPSnya, jadi tidak mengejutkan lagi jika smartwatch yang mereka rilis dibekali dengan fitur konektivitas GPS. Namun GPS yang ada dalam perangkat ini berbeda dengan GPS lain, fungsi GPS pada perangkat wearable ini adalah untuk melacak rute pelarian yang dilakukan pengguna.

VivoActive 4 dilengkapi dengan 20 lebih mode olahraga, termasuk berlari, yoga, dan berenang. Setiap mode yang ada telah dioptimalkan untuk mengukur keberhasilan pengguna untuk setiap olahraga yang mereka lakukan.

Selain itu ada juga beberapa fitur pemantau kesehatan yang bisa Anda coba. Yaitu Body Battery Energi Monitoring, fitur ini digunakan untuk memantau tingkat energi badan Anda seharian, fitur ini nantinya akan memberikan rekomendasi waktu terbaik untuk tidur. Selain itu, Garmin Vivoactive 4 juga memiliki fitur menghitung kadar stress, detak jantung, waktu tidur, dan masih banyak lagi.

Baterai Vivoactive 4 juga memiliki daya tahan yang tinggi, dimana smartwatch ini bisa tahan sampai delapan hari dalam mode siaga. Namun jika Anda mengaktifkan mode GPS, baterai hanya bisa bertahan sampai 11 jam saja.

Harga: Rp4,7 jutaan

Back to Content ↑

4. Amazfit T-Rex Pro

Amazfit T-Rex Pro

Rekomendasi smartwatch terbaik tahun 2022 yang berikutnya adalah Amazfit T-Rex Pro. Smartwatch yang satu ini memiliki bodi yang tangguh dan kuat meskipun dibuat dengan bahan bodi plastik. Jam tangan pintar ini sudah dibekali dengan sertifikasi 15 MIL-STD-810G yang membuatnya tahan terhadap goncangan dan suhu ekstrem -40 derajat Celcius sampai 70 derajat Celcius.

Amazfit T-Rex Pro memiliki ketahanan air sampai dengan 10 ATM, dimana ketahanan ini meningkat 5 ATM dibandingkan pendahulunya. Jadi, Anda bisa membawa smartwatch ini ke dalam air sampai dengan kedalaman 100 meter tanpa khawatir rusak.

Untuk bagian layarnya, Amazfit T-Rex Pro dibekali dengan layar AMOLED 1,3 inch dan sudah dibekali fitur Always-On Display. Fitur canggih lain pada perangkat ini adalah adanya 100 lebih mode olahraga dan sensor Bio Tracker 2 PPG. Baterai HP ini juga bisa tahan sampai 5 hari penggunaan.

Yang disayangkan dari Smartwatch ini adalah ekosistemnya yang sangat terbatas. Dia hanya bisa dihubungkan dengan aplikasi tambahan dari pihak ketiga seperti Strava. Jadi, Amazfit T-Rex Pro hanya bisa dihubungkan dengan aplikasi buatan sendiri. Jadi Anda tidak bebas dalam menghubungkan perangkat ini.

Harga: Rp2,3 jutaan

Back to Content ↑

5. Xiaomi Mi Watch

Xiaomi Mi Watch

Rekomendasi jam tangan pintar terbaik yang terakhir adalah Xiaomi Mi Watch. Smartwatch ini mempunyai tampilan yang sangat keren dan sporty, jam tangan ini juga sangat ringan dan hanya memiliki berat 32 gram saja jadi sangat cocok digunakan untuk berolahraga.

Selain desainnya yang keren dan sporty, perangkat ini juga sudah dibekali dengan 117 mode olahraga. Anda bisa memilih berbagai jenis olahraga seperti berenang, tracking, treadmill, bersepeda, yoga, sampai dengan lari lintas alam.

Xiaomi Mi Watch juga dibekali dengan sensor yang sangat lengkap untuk ukuran smartwatch kekinian. Beberapa diantaranya adalah sensor pendeteksi detak jantung, barometer untuk mendeteksi tekanan udara, sleep tracking, dan mengukur kadar oksigen dalam darah.

Salah satu kelebihan paling menonjol dari Xiaomi Mi Watch adalah kualitas displaynya yang sangat mengesankan. Jam tangan pintar ini dibekali dengan layar AMOLED berukuran 1,39 inch dan sudah dilindungi dengan Gorilla Glass yang tahan terhadap goresan dan benturan.

Untuk menggunakan perangkat ini, Anda harus install Xiaomi Wear di Android atau Xiaomi Wear Lite di iPhone. Untuk proses pairing atau koneksinya sangat mudah dan bisa tetap terkoneksi dengan stabil karena menggunakan Bluetooth 5.0

Harga: Rp1,6 jutaan

Back to Content ↑