Skip to main content

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya di Laptop dan Smartphone?

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya di Laptop dan Smartphone?
Kenapa Headset tidak Ada Suaranya di Laptop dan Smartphone
Images source: Unsplash.com

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya di Laptop dan Smartphone?

Kenapa headset tidak ada suaranya saat kamu hubungkan dengan laptop atau smartphone? Masalah ini mungkin sering jadi masalah kamu. Jangan buru-buru menganggap smartphone kamu rusak, ketahui lebih dulu apa penyebabnya.

Saat headset mengalami masalah tidak dapat bersuara, kemungkinan kesalahan bisa beberapa hal. Koneksi yang tidak sesuai, kerusakan pada bagian perangkat headset atau human error. Berikut ini beberapa penyebab kenapa perangkat headset kamu tidak berbunyi saat terhubung dengan laptop maupun smartphone.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya Saat Terhubung dengan Laptop?

Menggunakan headset di laptop biasanya banyak kamu lakukan saat main game, mendengarkan musik sambil bekerja hingga aktivitas ngezoom dan sejenisnya. Nah, sangat menjengkelkan bukan kalau suara di laptop tidak bisa kamu dengarkan di headset. Apa penyebabnya?

Back to Content ↑

1. Koneksi Kabel Tidak Tepat

Kenapa headset tidak ada suaranya di laptop? Penyebab yang paling sering adalah kamu salah menghubungkan kabel dan lubang yang ada di perangkat laptop.

Kamu perlu pastikan mana yang untuk headset, mana untuk koneksi yang lainnya. Beberapa tipe laptop memiliki banyak koneksi yang perlu kamu perhatikan.

Back to Content ↑

2. Kabel Headset Putus

Cek sudah berapa lama usia headset kamu, atau jika kamu membeli produk KW, hal ini perlu kamu pastikan kalau kondisinya memang masih bagus.

Penyebab yang juga sering terjadi adalah kabel bagian dalam headset putus sehingga suara tidak terhubung. Jika masalah koneksi sudah kamu cek dan tak ada masalah, bisa jadi masalah memang ada pada bagian dalam kabel headset.

Back to Content ↑

3. Update Driver

Masalah selanjutnya yang mungkin jadi penyebab tidak terhubungnya headset dengan benar di laptop adalah driver yang belum update.

Solusinya kamu bisa langsung update driver dengan langkah-langkah membuka beberapa bagian berikut:

Pada laptop yang terhubung internet pilih Device Manager (klik Windows + X), selanjutnya kamu bisa buka menu sound, video and game controllers. Di sini kamu bisa langsung klik update driver software.

Back to Content ↑

4. Cek Kondisi Port Audio

Cara mengatasi headset tidak ada suara di laptop yang selanjutnya adalah dengan mengecek port audio.

Penyebab yang mungkin terjadi adalah port audio laptop yang tidak berfungsi. Bagaimana caranya untuk mengetahui apakah port audio kamu tersebut bermasalah? Caranya kamu bisa menghubungkan beberapa jenis headset ke laptop.

Jika semuanya tidak berfungsi maka kemungkinan besar port audio laptop kamu yang bermasalah.

Back to Content ↑

5. Scan for Hardware Changes

Perubahan fitur yang terkoneksi dengan laptop memungkinkan perubahan terjadi sehingga audio headset kamu tidak berfungsi. Kamu bisa menggunakan scan for hardware changes untuk mengatasinya.

Caranya kamu bisa buka menu device manager, lalu pilih lagi sound, video and game controllers.

Selanjutnya kamu bisa pilih Scan for Hardware Changes. Tutup jendela lalu refresh lebih dulu. Kamu juga bisa melakukan restart laptop jika diperlukan.

Guna memastikan headset kamu dalam kondisi yang baik, selain membeli produk dengan kualitas yang terjamin, kamu juga perlu menjaga penggunaan alat tersebut secara lebih rapi.

Jangan membiarkan kabelnya tergulung-gulung tidak teratur. Ingat, sebagus apapun kualitas produk kamu, kalau penggunaannya sembarangan maka usianya pun akan sebanding dengan penggunaan tersebut.

Back to Content ↑

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya Saat Terhubung dengan Smartphone?

Kapan kamu memakai headset? Jawaban yang paling sering setelah laptop tentu saja saat menggunakan smartphone.

Mendengarkan musik, menonton film, rapat online dan sejenisnya akan lebih nyaman dan fokus jika menggunakan headset.

Namun, sama halnya dengan laptop, di smartphone pun bisa jadi headset kamu tidak terdengar suaranya. Apa penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasinya?

Back to Content ↑

1. Headset yang Tidak Kompatibel dengan Smartphone

Penyebab pertama kenapa headset tidak ada suaranya saat terhubung dengan smartphone adalah bisa jadi karena memang perangkat tersebut tidak kompatibel di hp kamu.

Bagaimana cara mengujinya? Kamu bisa mencoba headset lain di ponselmu, atau mencoba headset kamu di perangkat smartphone lainnya. Jika tidak ada masalah pada headset kamu, artinya memang tidak kompatibel.

Back to Content ↑

2. Pengaturan Audio di Ponsel

Kenapa headset tidak ada suaranya di iPhone ataupun ponsel Android yang kamu pakai, bisa jadi karena masalah pengaturan audio di ponsel kamu yang belum sesuai.

Cek lagi pengaturan audio yang ada di smartphone kamu. Jika ternyata masih belum bisa, cara paling mudah kamu bisa melakukan restart hp.

Back to Content ↑

3. Membersihkan Jack Headphone

Hal selanjutnya yang mungkin jadi penyebab kenapa headphone tidak berbunyi saat terhubung dengan smartphone adalah bagian jack yang kotor sehingga membuat suara tidak terdengar.

Lakukan pembersihan perangkat dengan baik. Debu dan kotoran biasanya menjadi masalah pada bagian jack headphone kamu.

Back to Content ↑

4. Kabel Putus di Bagian Dalam

Sama halnya dengan koneksi di laptop, kabel putus di bagian dalam pada headphone juga sudah pasti akan membuat suara headphone di smartphone kamu menjadi tidak berfungsi.

Hal ini biasanya bisa disebabkan karena tarikan yang kerasan, benturan, hempasan, atau memang produk yang kamu beli tersebut abal-abal.

Back to Content ↑

5. Koneksi Bluetooth Smartphone dengan Perangkat Lain

Saat kamu akan menghubungkan headphone di perangkat smartphone pastikan kondisi Bluetooth kamu tidak terhubung dengan perangkat lainnya.

Koneksi ini menyebabkan jack headphone kamu bisa mati. Beberapa smartphone memiliki sistem otomatis untuk mematikan koneksi tersebut.

Namun, jika hal tersebut tidak bisa, kamu harus melakukannya secara manual untuk mematikan koneksi yang ada.

Back to Content ↑

6. Memastikan Kerusakan di Tukang Servis

Kenapa headset tidak ada suaranya di PC atau smartphone pada akhirnya perlu kamu pastikan lagi apa penyebabnya.

Kalau kamu masih belum bisa memastikan apa penyebab utamanya, maka sebaiknya kamu langsung membawanya ke tukang servis.

Apalagi kalau yakin perangkat kamu masih dalam kondisi bagus, bisa jadi memang masalahnya ada pada setting yang tidak sesuai atau perangkat yang tidak kompatibel.

Back to Content ↑

Kenapa Headset Suaranya Hanya Terdengar Sebelah?

Masalah yang juga sering terjadi pada penggunaan headset lainnya adalah suara yang hanya terdengar sebelah.

Apa penyebabnya? Selain karena masalah kabel yang putus, biasanya juga kondisi speaker yang sudah rusak. Speaker ini sangat rentan saat tertekan, tertarik, maupun terjatuh.

Oleh sebab itu pastikan penggunaan headset kamu terjaga, tidak asal-asalan agar kondisi speaker tetap bagus.

Back to Content ↑

Apa yang membuat headset cepat rusak? Paling sering terjadi adalah cara penggunaan yang tidak benar. Setelah memakainya banyak orang membiarkan begitu saja sehingga kabel dan speaker akan tertarik, tertekan, terhempas hingga jatuh.

Jaga dengan baik perangkat headset kamu setelah menggunakannya. Letakkan di tempat yang benar, posisikan kabel pada posisi yang benar, dan pastikan juga kamu rajin membersihkan debu dan kotorannya.

Bagaimana jika suara kamu saat menelpon menggunakan headset tidak terdengar? Jika kamu yakin posisi sumber suara dan lubang mikrofon sudah tepat, maka penyebab lain mungkin saja perangkat yang kondisinya 70% sudah hampir rusak.

Pastikan kondisi perangkat kamu dalam kondisi baik. Jaga penggunaannya dan kamu pun akan tahu kenapa headset tidak ada suaranya saat kamu gunakan.