Skip to main content

7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting
Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting
Images source: Pexels.com

7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

Online meeting menjadi trend sejak pandemi covid-19. Untuk itu, diperlukan perangkat kamera yang baik agar meeting berjalan lancar. Kalau kamera notebook kamu bermasalah, jangan khawatir, ada cara agar kamera laptop jernih.

Tidak ada cara lain kecuali kamu harus memperhatikan kualitas kamera pada laptop, karena perangkat ini sangat penting dan berpengaruh terhadap aktivitas zoom meeting kamu.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih

Ada beberapa cara agar kamera di laptop kamu menghasilkan kualitas gambar yang jernih. Berikut cara paling simpel yang bisa kamu lakukan.

Back to Content ↑

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Cara paling mudah untuk mendapatkan kamera laptop tetap jernih adalah dengan membersihkan bagian lensa kamera. Lensa kamera yang kotor akan berpengaruh terhadap kualitas gambar, sehingga perlu dibersihkan secara rutin.

Nyatanya, banyak pengguna notebook yang kurang peduli terhadap kebersihan kamera. Atau, mereka memang tidak tahu cara membersihkan kamera laptop agar tetap jernih. Kamera redup bukan rusak tapi karena tidak pernah dibersihkan.

Bisa jadi sejak beli kamu tidak pernah membersihkan lensa kamera. Padahal, karena letaknya yang ada di bagian atas layar, kamera web ini pastinya sering tersentuh secara tidak sengaja.

Bekas sentuhan tangan pada kamera tentu akan mempengaruhi ketajaman gambar. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkannya saat laptop akan dipakai buat meeting.

Untuk menghasilkan kamera laptop yang ngejreng, caranya pun sangat mudah. Jadi, tidak perlu dibawa ke service center. Kamu bisa membersihkan sendiri dengan pakai cairan khusus pembersih lensa dan kain untuk membersihkan kacamata.

Gunakan kain yang lembut karena lensa kamera umumnya sangat sensitif terhadap sentuhan. Jangan pula membersihkan pakai tisu karena masih ada bagian tajam yang bisa membuat lensa tergores.

Membersihkan kamera laptop secara rutin bisa mengurangi biaya perawatan. Ini adalah cara praktis agar kamera notebook tetap terang. Juga, untuk menghindari biaya tambahan, karena kamu tidak perlu membeli kamera eksternal.

Back to Content ↑

2. Mencari Tempat yang Punya Pencahayaan Terang

Untuk menghasilkan kamera laptop yang jernih saat digunakan zoom meeting, misalnya, tidak cukup hanya dibersihkan. Ada cara mudah agar kamera laptop jernih, yakni dengan mencari ruangan yang memiliki cahaya terang.

Kurangnya pencahayaan sering menjadi masalah saat kamu melakukan online meeting. Jika ruangan kurang terang, yang terjadi adalah kamera laptop tidak bisa menghasilkan tangkapan video yang jernih.

Salah satu cara agar kamera video tetap jernih selama meeting berlangsung adalah dengan menambah cahaya ruangan. Misalnya, kamu bisa menambah lampu eksternal sehingga bisa menambah cahaya menjadi lebih terang.

Satu hal yang perlu kamu ingat, tidak semua jenis lampu bisa digunakan untuk menambah pencahayaan. Beberapa jenis lampu yang sering digunakan agar kamera laptop jernih, seperti lampu led, lampu studio, dll.

Back to Content ↑

3. Memilih Background yang Tepat

7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting
Images source: Pexels.com

Setelah lampu penerangan dirasakan cukup mendukung aktivitas online meeting kamu. Cara agar kamera laptop tetap jernih adalah dengan memilih latar belakang (background) yang tepat.

Mengapa pemilihan background penting? Sebab, sebagus apapun kamu menata pencahayaan lampu jika salah memilih background tidak akan menghasilkan tangkapan video yang maksimal.

Untuk itu, atur sedemikian rupa agar background ruangan tempat kamu melakukan aktivitas zoom meeting dapat terlihat jelas. Hindari penggunaan background yang gelap karena bisa mempengaruhi ketajaman kamera.

Untuk pemilihan background, kamu bisa menggunakan background dengan warna polos, misalnya dinding berwarna putih. Untuk menambah kesan artistik, kamu bisa menggunakan rak-rak buku untuk background pendukung.

Buat background serapi mungkin, bukan hanya agar enak dipandang namun bisa menimbulkan kesan positif bagi klien, jika kamu seorang profesional.

Namun, jika kamu bingung dengan penataan background, kamu bisa menggunakan aplikasi background yang bisa kamu dapat secara otomatis di layar. Ada banyak fitur background pengganti yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Aplikasi Kamera

Ada cara lain agar kamera laptop menjadi jernih, yakni dengan memanfaatkan aplikasi kamera yang ada di laptop. Ini aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan untuk mempertajam tangkapan video.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tampilan gambar di laptop kamu akan terlihat lebih tajam dan pastinya lebih enak dipandang mata. Pilihan aplikasinya pun sudah banyak tersedia, tinggal pilih sesuai selera.

Aplikasi kamera tambahan punya banyak manfaat, tidak hanya untuk menghasilkan gambar lebih tajam, namun juga bisa menghasilkan efek saat rekaman video atau pengambilan gambar.

Beberapa aplikasi kamera laptop yang recommended dan sudah banyak digunakan banyak orang, antara lain aplikasi youcam, manycam, free screencast, dll. Kamu tertarik menggunakan salah satunya? Bisa dicoba.

Back to Content ↑

5. Gunakan Kamera Eksternal

Menggunakan kamera eksternal juga bisa menjadi salah satu solusi agar kamera laptop jernih dan tajam. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamera bawaan laptop kamu sudah tidak bisa bekerja maksimal.

Tentu, kamu butuh biaya tambahan untuk mendapatkan kamera eksternal ini. Namun, tidak apa menambah biaya, karena dengan kamera eksternal, hasil foto dan tangkapan videonya pasti sangat jernih.

Kamera eksternal umumnya punya resolusi tinggi, sehingga bisa menghasilkan gambar dengan kualitas HD atau full HD. Dibanding kamera laptop bawaan, kualitasnya jelas jauh berbeda.

Pastinya, kamu akan semakin nyaman melakukan kegiatan pertemuan online dengan mitra kerja atau teman-teman kamu. Kamera eksternal adalah jaminan kualitas prima.

Meskipun demikian, untuk menghasilkan gambar terbaik, kamu harus memilih kamera eksternal dengan high resolution dan bisa dipakai di semua ruangan.

Saat ini sudah tersedia webcam yang punya fitur perekaman untuk ruangan yang minim cahaya. Jadi, kamu tidak perlu lagi atur lampu pencahayaan karena sudah ada fitur khusus.

Back to Content ↑

6. Menggunakan Kamera Smartphone

Kamera smartphone juga bisa kamu fungsikan sebagai kamera eksternal untuk merekam aktivitas online meeting kamu. Banyak orang mengatakan ini cara efektif sebagai ganti kamera laptop tetap jernih.

Umumnya, kamera smartphone didesain dengan resolusi tinggi untuk menghasilkan gambar atau video kualitas HD. Gambar yang diambil dari kamera smartphone dijamin tidak pecah-pecah.

Untuk mengubah fungsi kamera smartphone menjadi kamera eksternal di laptop, kamu harus menginstall satu aplikasi, misalnya droidcam, dll. Kamu bisa mendapatkan aplikasi itu secara gratis.

Beberapa orang juga menggunakan alat tambahan, seperti tripod, saat ada pertemuan online. Alat ini berfungsi untuk meletakkan kamera smartphone. Dengan tripod, kamu tidak perlu memegang smartphone secara terus menerus.

Back to Content ↑

7. Memastikan Jaringan Internet Lancar

Tidak kalah penting cara terbaik agar kamera laptop tetap jernih adalah dengan menjaga koneksi internet tetap lancar dan stabil.

Mengapa perlu koneksi internet stabil? Karena kamu perlu melakukan panggilan video saat melakukan pertemuan online.

Jaringan internet yang putus nyambung akan sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar video. Bahkan, bukan hanya gambar, suara video pun terdengar tidak jelas.

Jadi penting untuk memperhatikan soal koneksi internet jika pertemuan penting dengan klien tetap menghasilkan gambar atau video secara maksimal.

Back to Content ↑

Mengatasi kamera laptop yang buram tidak harus dibawa ke service center. Kamu bisa melakukannya sendiri. Diatas adalah beberapa cara agar kamera laptop jernih saat online meeting berlangsung.