Skip to main content

Cara Mengetahui Siapa yang Menyimpan Nomor Kita

Cara Mengetahui Siapa yang Menyimpan Nomor Kita
Cara Mengetahui Siapa yang Menyimpan Nomor Kita
Images source: Image.freepik.com

Cara Mengetahui Siapa yang Menyimpan Nomor Kita

Terkadang, kita penasaran apakah seseorang menyimpan nomor kita atau tidak. Pasalnya, ketika orang lain menyimpan nomor kita, itu berarti mereka menganggap bahwa kita termasuk orang penting.

Oleh karena itu, kita dan banyak orang lainnya berusaha mencari cara mengetahui siapa yang menyimpan nomor kita.

Pertama-tama, untuk mengetahui apakah orang lain sudah menyimpan kontak kita atau tidak, kita bisa menggunakan aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini terhubung langsung dengan nomor kontak orang-orang yang tersimpan di HP kita. Oleh karena itu, memungkinkan juga bagi kita untuk mengecek apakah nomor kita tersimpan di HP orang lain atau tidak.

Selanjutnya, kita juga bisa menggunakan aplikasi GetContact. Aplikasi ini tidak spesifik mengecek apakah seseorang menyimpan nomor kita atau tidak. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengetahui nama apa yang digunakan orang lain untuk menyimpan nomor kamu.

Yuk ikuti pembahasan lengkapnya di sini!

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

Cara Mengetahui Kontak Kita Disimpan Orang Lain dengan WhatsApp

Cara Mengetahui Kontak Kita Disimpan Orang Lain dengan WhatsApp
Images source: Image.freepik.com

Bingung mencari aplikasi untuk mengetahui siapa saja yang menyimpan nomor kita? Kamu sebenarnya bisa menggunakan aplikasi WhatsApp (WA), lho. Ada beberapa kriteria apakah orang lain menyimpan nomor kamu apakah tidak. Kamu bisa melakukan beberapa tahapan berikut.

Back to Content ↑

1. Cek Foto Profil

Langkah pertama untuk cara mengetahui siapa yang menyimpan nomor telepon adalah pastikan orang tersebut memiliki akun WA. Artinya, nomor orang tersebut muncul di kotak pencarian WA ketika kamu mencarinya. Jika tidak ada, cara ini tidak berlaku.

Kemudian, cek apakah kamu bisa melihat foto profil orang tersebut atau tidak. Jika tidak, kemungkinannya ada dua. Pertama, orang tersebut memang tidak menyimpan nomor kamu. Kedua, orang tersebut menyimpan nomor kamu tetapi sedang tidak menggunakan foto profil.

Jika foto profil muncul, kemungkinannya pun ada dua, yakni disimpan atau tidak. Bisa jadi orang tersebut mengatur privasi foto profil untuk dilihat semua orang sehingga kontak yang tidak tersimpan pun bisa melihat profilnya.

Jadi, sebenarnya mengecek foto profil tidak 100% ampuh untuk cara mengetahui orang yang menyimpan nomor wa kita. Namun, setidaknya jika kamu tidak bisa melihat foto profil orang tersebut, itu bisa mengindikasikan bahwa nomormu memang memiliki kemungkinan untuk tidak tersimpan di HP-nya.

Back to Content ↑

2. Cek Tab Status

Untuk cara mengetahui orang menyimpan nomor kita dengan nama apa tanpa aplikasi lain yang kedua, kita bisa mengecek tab status. Status orang-orang yang muncul di tab tersebut menandakan bahwa mereka telah menyimpan nomormu.

Namun, bukan berarti jika kamu tidak pernah melihat statusnya, berarti nomor kamu tidak tersimpan. Bisa saja orang tersebut memang tidak suka membuat status WA atau kamu masuk daftar pengecualiannya.

Lagi-lagi, cara ini memang tidak seampuh itu. Namun, setidaknya cara ini bisa mengindikasikan apakah orang tersebut menyimpan nomor kamu atau tidak.

Back to Content ↑

3. Cek dengan Membuat Pesan Broadcast

Cek dengan Membuat Pesan Broadcast
Images source: Internet

Setelah kamu sudah cukup menaruh curiga dan ingin membuktikan keyakinanmu, lakukan cara ini. Kamu bisa membuat pesan broadcast.

Tenang, kamu tidak perlu mengirimkannya ke banyak orang, cukup dua orang saja, yakni orang yang ingin kamu cek apakah dia menyimpan nomormu dan nomor orang yang sudah pasti menyimpan nomormu.

Setelah terkirim, kamu bisa melihat centang yang ada. Jika centangnya sudah biru, cek pesan tersebut. Jika pemberitahuan yang membaca pesan hanya satu orang, berarti orang yang satunya lagi memang tidak benar-benar menyimpan nomormu.

Cara yang satu ini memang sangat efektif. Untuk mengantisipasi agar orang tersebut tidak curiga karena kamu tiba-tiba mengirim broadcast, isi pesannya yang biasa saja. Kamu harus pintar berpura-pura agar tidak terlihat terlalu kepo.

Back to Content ↑

4. Cek Melalui Grup

Nah, untuk kamu yang tidak ingin ter-notice keingintahuannya, coba gunakan grup ya. Kalau kamu dan dia berada di grup yang sama, cara ini cukup efektif.

Pertama-tama, kamu bisa menghapus dulu kontak dia di hpmu. Kemudian, kamu bisa membuka grup kalian. Jika ada nama dia di samping nomornya, itu berarti nomor kamu sudah tersimpan di HP dia.

Empat cara ini bisa kamu gunakan untuk menyelidiki apakah nomormu sudah disimpan orang seseorang atau belum.

Apakah cara mengetahui siapa yang menyimpan nomor kita di telegram juga sama? Jawabannya tentu berbeda, ya. Karena fitur yang ada di telegram juga berbeda. Cara ini berlaku hanya untuk aplikasi WA.

Back to Content ↑

Cara Mengetahui Orang Menyimpan Kontak Kita dengan Nama Apa Melalui GetContact

Cara Mengetahui Orang Menyimpan Kontak Kita dengan Nama Apa Melalui GetContact
Images source: Getcontact

Untuk kamu yang tidak ingin spesifik mengetahui apakah seseorang menyimpan nomor kamu atau tidak, tetapi ingin mengetahui nama apa yang tersimpan untuk kontak kamu, aplikasi Get Contact adalah pilihannya. Aplikasi ini menjadi aplikasi terbaik untuk cara mengetahui orang menyimpan nomor kita dengan nama apa.

Bagaimana cara mengetahui siapa yang menyimpan nomor kita di getcontact? Cukup ikuti beberapa langkah berikut.

Back to Content ↑

1. Unduh Aplikasi GetContact

Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Tak seperti WA yang memang sudah seperti aplikasi utama untuk berkomunikasi, GetContact adalah aplikasi tambahan yang tidak begitu penting untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi, untuk menggunakannya kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia untuk android dan iPhone.

Back to Content ↑

2. Buat Akun dan Login

Setelah proses instalasi selesai, kamu tinggal membuat akun saja. Kamu bisa masuk menggunakan nomor kamu secara langsung atau menggunakan media sosial. Jika menggunakan media sosial, nanti kamu akan tetap diminta untuk memverifikasi nomormu.

Back to Content ↑

3. Buka Tag untuk Nomormu

Di menu utama, kamu tinggal masuk ke tab “Lainnya” kemudian klik profil kamu. Di situ, tag untuk orang-orang yang menyimpan nomormu akan terlihat. Tag adalah semacam nama yang diberikan orang lain ketika menyimpan nomormu.

Tak hanya untuk mengecek nomor sendiri, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek tag nomor orang lain, lho. Kalau kamu penasaran apakah si doi sudah punya pacar atau belum, coba gunakan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mendeteksi nomor-nomor yang mencurigakan meskipun kamu tidak menyimpan kontaknya. Di kolom pencarian, kamu tinggal mengetikkan nomor yang ingin kamu selidiki. Jika muncul tag yang mencurigakan, bisa jadi nomor tersebut digunakan untuk hal-hal yang tercela, seperti modus penipuan yang kian marak belakangan ini.

Namun, ada limit untuk melakukan pencarian, ya. Jika ingin bisa melihat lebih banyak kontak, Kamu bisa menggunakan fitur premiumnya.

Back to Content ↑

Penutup

Dengan menggunakan cara-cara ini, setidaknya kamu tidak harus menanyakan secara langsung apakah nomormu sudah disimpan atau belum.

Aplikasi WA cukup ampuh untuk mencari jawaban apakah kontak kita disimpan atau tidak. Kemudian, kamu juga bisa melengkapi informasi tentang bagaimana cara orang lain menyimpan nomor kontak dengan GetContact. Dua aplikasi ini memang saling melengkapi.

Selanjutnya, kamu bisa memilih sendiri yang mana di antara kedua cara mengetahui siapa yang menyimpan nomor kita di atas yang paling pas denganmu. Semoga bermanfaat!

Back to Content ↑