Skip to main content

6 Solusi Jitu Mengatasi Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

6 Solusi Jitu Mengatasi Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan
6 Solusi Jitu Mengatasi Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan
Images source: Unsplash.com

6 Solusi Jitu Mengatasi Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Kamera menjadi salah satu poin utama dari HP karena penting untuk mengabadikan momen sehari-hari. Namun, bagaimana jika ketika buka aplikasi Kamera lalu malah macet?

Nah, kira-kira kenapa kamera HP tidak bisa digunakan ya?

Ada beberapa penyebab kamera HP tidak berfungsi. Namun, tenang saja. Ada 6 cara mengatasi kamera HP yang error di artikel ini.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

RAM Terlalu Penuh

Mungkin Kamu pernah mengalami saat membuka aplikasi Kamera, namun malah kamera HP menunjukkan layar hitam. Salah satu penyebab kenapa kamera HP tidak bisa digunakan adalah bisa jadi karena RAM terlalu penuh.

Solusi:

Periksa penggunaan memori dan matikan atau uninstall aplikasi tidak terpakai. Coba perika memori HP Kamu, dengan cara buka Pengaturan - Memori/About Phone, akan terlihat penggunaan memori rata-rata HP Kamu. Hapus aplikasi yang jarang Kamu pakai.

6 Solusi Jitu Mengatasi Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan
Click Image to Enlarge!

Jangan gunakan Wallpaper Animasi dan Widget. Ada beberapa aplikasi Wallpaper Animasi yang sangat keren, bisa bergerak dan segala macam. Sayangnya, aplikasi ini menghabiskan banyak RAM.

Dan untuk widget, gunakan saja widget sederhana seperti pemutar musik, kalender, dan lain-lain agar tidak menghabiskan terlalu banyak RAM.

Back to Content ↑

Ada Bug Pada Aplikasi Kamera

Salah satu penyebab kenapa kamera HP tidak bisa digunakan adalah karena terjadi bug atau ada error dalam aplikasi Kamera itu sendiri.

Di sini HP Kamu tidak bisa mengambil gambar atau video apapun. Lalu biasanya akan muncul teks pesan di layar berupa “kamera tidak berfungsi". Setelah itu, Kamera HP Kamu bisa macet atau ada yang force closed.

Hal ini juga sering terjadi saat aplikasi Kamera HP tidak bisa dibuka. Jadi saat Kamu sudah mengklik icon Kamera, namun malah macet dan tidak muncul apa-apa.

Solusi:

Reboot HP. Cara ini akan memberikan proses awal yang baru ke sistem perangkat HP Kamu dan dapat membersihkan RAM HP. Cara mengatasi kamera HP yang error ini yakni soft reset atau soft reboot.

Selain itu, juga dapat menghapus bug software yang mungkin menyebabkan kerusakan "Kamera tidak berfungsi” di HP kamu.

Force Closed atau tutup paksa semua aplikasi yang sedang terbuka di HP Kamu. Tunggu beberapa menit lalu ketuk ikon Kamera untuk memulai ulang aplikasi.

Metode ini biasanya membantu bila Kamu membiarkan kamera menyala lebih lama atau dalam mode siaga. Jika masalah berlanjut, coba metode selanjutnya untuk memperbaiki kesalahan kamera Android.

Coba hapus data aplikasi. Tindakan ini secara otomatis akan menyetel ulang sistem aplikasi Kamera. Caranya adalah:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Aplikasi & Pemberitahuan
  • Pilih “Lihat semua Aplikasi”
  • Buka Kamera - Penyimpanan  - Pilih “Hapus Data”
  • Selanjutnya, periksa untuk melihat apakah Kamera sudah berfungsi dengan baik

Back to Content ↑

Daya Baterai Terlalu Lemah

Jika kamera HP menunjukkan layar hitam saat Kamu membukanya, coba periksa berapa banyak daya yang ada pada HPmu.

Saat baterai HP Kamu sangat lemah, Kamera Kamu mungkin tidak berfungsi. Aplikasi akan terbuka, namun, akan ada catatan tepat di atas ikon kamera yang memberitahu Kamu untuk mengisi daya perangkat.

Solusi:

Segera isi ulang daya baterai HP Kamu, biasanya stKamur minimal daya baterai untuk dapat menggunakan Kamera adalah 10%.

Back to Content ↑

Ada Aplikasi Lain yang Aktif Menggunakan Kamera

Penyebab lain kenapa kamera HP tidak bisa digunakan adalah karena ada aplikasi pihak ketiga. Biasanya ketika Kamu membuka aplikasi Kamera lalu muncul teks pesan "Aplikasi lain sedang menggunakan kamera".

Solusi:

Tutup semua aplikasi yang aktif atau terbuka. Setelah itu, Kamu bisa gunakan Kamera HP kembali.

Periksa kembali apakah Kamu pernah menginstall aplikasi Kamera dari pihak ketiga. Jika ada, maka hapus instalan semua aplikasi Kamera lainnya di HP Kamu.

Kemudian, setelah Kamu menghapus aplikasi kamera pihak ketiga atau jika Kamu tidak memiliki atau menggunakan salah satu jenis aplikasi ini, coba pikirkan tentang aplikasi terakhir yang Kamu unduh atau aplikasi yang mungkin telah Kamu perbarui atau unduh saat masalah ini muncul.

Jika ada, maka hapus instalan-nya. Hal tersebut dapat menjadi cara mengatasi kamera HP yang error.

Back to Content ↑

Ada Masalah Pada Sistem Bawaan HP

Jika Kamu telah melakukan berbagai cara di atas saat namun kamera HP tidak berfungsi, maka kemungkinan besar ada masalah pada sistem bawaan HP kamu.

Solusi:

Lakukan reset pabrik (factory reset). Tindakan ini akan mengembalikan HP Kamu ke konfigurasi awal.

Dengan melakukan reset pabrik, HP Kamu dapat bebas dari virus, malware, dan bug. Ini karena data dan aplikasi ponsel mungkin mengandung virus tanpa sepengetahuan Kamu.

Jika ini terjadi, banyak sistem pada ponsel akan rusak atau error, termasuk kerusakan pada aplikasi kamera.

Cara melakukan penyetelan ulang: Buka Pengaturan > Sistem > Reset Options > Reset Data Pabrik > Reset Telepon.

6 Solusi Jitu Mengatasi Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan
Click Image to Enlarge!

Catatan: Semua data, file, dan aplikasi yang terinstal akan terhapus sepenuhnya dari perangkat. Jadi sebelum Kamu melakukan reset pabrik, back up semua file-file penting yang ada di aplikasi Kamu melalui cloud atau kartu memori eksternal. Jadi berhati-hatilah sebelum melakukan reset pabrik.

Back to Content ↑

Masalah Perangkat Keras (Hardware)

Jika kamera masih menampilkan layar hitam setelah berbagai cara di atas Kamu lakukan, kemungkinan besar masalah ini terkait dengan perangkat keras yang berarti bagian kamera yang sebenarnya tidak berfungsi pada HP kamu.

Solusi:

Bawa ke Service Center. Penyebab kali ini kenapa kamera HP tidak bisa digunakan mungkin baru dapat Kamu atasi dengan segera membawa HP Kamu ke pusat perbaikan profesional.

Dalam kebanyakan kasus, bisa jadi kerusakan terkait dengan perangkat keras dan akan membutuhkan penggantian. Biasanya penyebab utamanya adalah HP jatuh, kontak dengan air, perangkat keras yang terlalu panas (operasi terus menerus yang dipaksakan), dan lain-lain.

Kamu dapat memeriksa properti perangkat keras kamera yang mengganggu dengan indikasi sebagai berikut:

  • a) Rainbow Camera:

    Pernahkah Kamu melihat tampilan Rainbow Camera saat Kamu membukanya? Gambar ditampilkan, tetapi gambar berwarna seperti pelangi. Ini berarti kamera HP kamu sudah terkena masalah pada perangkat keras atau sistemnya

  • b) Kamera Memiliki Garis:

    Biasanya hasil foto tampak seperti ada garis, entah garis vertikal atau horizontal. Ini berarti ada bagian yang retak di dalam komponen HP kamu.

  • c) Tidak Ada Gambar di Kamera:

    Jika Kamu tidak melihat gambar apapun di kamera, mungkin karena koneksi aplikasi dengan komponen yang terputus. Untuk mengatasinya, mau tidak mau HP harus di bongkar dan mengganti dengan komponen yang rusak.

    Bahkan jika Kamu tidak memiliki pengalaman di bidang ini, Kamu masih perlu membawanya ke service center.

Back to Content ↑

Bagaimana Sudah mencoba salah satu dari 6 cara untuk mengatasi kenapa kamera HP tidak bisa digunakan seperti yang tertera di atas? Apa kamera HP kamu sudah bisa beroperasi lagi?

Kalau belum, segera bawa ke service center ya. Sekali lagi, gunakan beberapa cara di atas dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada HP Kamu.

Selain itu, biasanya setiap permasalahan HP akan berbeda penanganan pula. Selamat mencoba!