Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Terhenti

Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Terhenti
Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Terhenti
Images source: Pixabay.com

Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Terhenti

Bagi kamu pengguna ponsel Android, Google Play tentu saja sangat penting dalam operasional Hp. Mengunduh dan menggunakan aplikasi sangat tergantung pada layanan ini. Bagaimana jika layanan tersebut terhenti? Ketahui bagaimana cara mengatasi Google Play terhenti.

Jika Google Play terhenti, selain kamu tidak bisa menginstall aplikasi, layar pop notifikasi juga akan sering muncul dan mengganggu. Kamu perlu segera menyelesaikan masalah tersebut.

Apa sebenarnya penyebab Google Play ini terhenti dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel ini akan memberi panduan untuk kamu.

TOC / Daftar Isi

Penyebab Layanan Google Play Bisa Terhenti

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu apa sih yang jadi penyebab paling umum kondisi tersebut terjadi. Nah, berikut ini beberapa penyebabnya:

Back to Content ↑

1. Masalah pada Setting Waktu dan Tanggal

Setting waktu dan tanggal yang tidak sesuai akan menyebabkan masalah pada Google Play di ponsel kamu. Mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu memastikan setting ini otomatis sehingga tidak menimbulkan masalah.

Back to Content ↑

2. Koneksi Internet Bermasalah

Koneksi internet yang tidak stabil dan bermasalah juga bisa menjadi penyebab layanan ini berhenti. Cek lebih dulu kondisi internet di smartphone kamu.

Back to Content ↑

3. Terjadi Crash pada Sistem Google Play

Sistem yang mengalami crash akan menyebabkan penggunaan Google Play terhenti dan tidak bisa kamu gunakan.

Back to Content ↑

4. Penyimpanan Internal Ponsel yang Penuh

Perhatikan berapa kapasitas internal ponsel kamu, lalu sesuaikan dengan penggunaannya. Kalau kamu memiliki ponsel dengan kapasitas internal yang kecil, pastikan juga kamu rajin memindahkan data ke laptop atau cloud untuk membuat operasi smartphone kamu lebih lancar dan bebas masalah.

Back to Content ↑

5. Versi Android yang Sudah Terlalu Lama

Memilih Android versi terbaru tentu saja untuk memastikan Google Play dalam sistem smartphone tersebut bisa kamu akses secara lancar dan bebas masalah. Jika ponsel kamu mengalami masalah dan memang usia Androidnya sudah lama, sudah saatnya kamu ganti Hp.

Back to Content ↑

Cara Mengatasi Google Play yang Mati

Cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti di Hp bisa kamu lakukan beberapa pilihan sebagai berikut:

Back to Content ↑

1. Menghapus Cache Google Play

Cache yang terlalu besar dan tidak pernah kamu bersihkan dapat menyebabkan masalah pada sistem Google Play tersebut. Caranya bagaimana? Bersihkan cache tersebut.

Pilihan menu setiap ponsel biasanya berbeda. Kamu bisa masuk ke bagian pengaturan lain, pengelola aplikasi, lalu cari menu aplikasi Google Play.

Klik Google Play lalu pilih opsi penyimpanan. Di situ akan terlihat berapa kapasitas cache yang ada. Hapus segera. Jangan khawatir, penghapusan cache tak akan berpengaruh pada sistem maupun aplikasi yang ada. Cache hanyalah sampai yang harus kamu bersihkan.

Back to Content ↑

2. Login Ulang Account Google Play Store

Jika menghapus cache tak memberikan efek positif terhadap masalah Google Play yang terhenti, kamu bisa mencoba langkah selanjutnya log in ulang account Google Play Store kamu.

Caranya kamu bisa remove lebih dulu akun yang sudah ada, lalu selanjutnya kamu bisa add account yang baru.

Reset ini secara otomatis akan membuat semua aplikasi yang terhubung juga akan mengalami reset. Kamu bisa back up lebih dulu jika ada data yang penting dan perlu kamu simpan.

Back to Content ↑

3. Update Versi Terbaru

Layanan Google Play Apk terhenti bisa jadi karena memang versinya sudah lama dan perlu kamu update. Bagaimana cara mengupdatenya?

Caranya buka aplikasi Google Play tersebut lalu pilih bagian ‘Setting’. Pada menu ini pilih auto update apps. Apakah menggunakan jaringan atau Wifi, kamu bisa memilih opsinya.

Layanan update ini dapat menjadi salah satu alternatif solusi mengatasi masalah Google play kamu yang terhenti.

Back to Content ↑

4. Masalah Koneksi VPN

Kamu pasti sering menggunakan VPN untuk menonton atau mengakses hal-hal tertentu yang tidak bisa dibuka dengan jaringan yang ada.

Memang pada kondisi tertentu VPN ini sangat menguntungkan. Namun, tahukah kamu menggunakan VPN ini juga bisa menyebabkan masalah pada proses Google Play Store yang ada di ponsel kamu.

Jika kamu menggunakan VPN lalu Google Play Store kamu bermasalah, kamu sudah tau penyebabnya sekaligus solusinya. Segera hentikan menggunakan VPN tersebut.

Back to Content ↑

5. Kembali ke Setting Pabrik

Cara paling mudah dan aman untuk mengatasi masalah Google Play Store kamu tersebut tentu saja melakukan reset ke pengaturan pabrik.

Namun, sebelum memilih cara tersebut, pastikan semua data sudah kamu simpan karena mengembalikan ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data yang ada di smartphone kamu.

Back up lebih dulu semua data lalu kamu bisa mengatur reset ke pengaturan pabrik seperti bawaan awal smartphone.

Back to Content ↑

6. Membersihkan Ponsel Secara Rutin

Membersihkan ponsel secara rutin dari tumpukan sampah, memori yang terlalu penuh dari berbagai file akan membantu kerja aplikasi di ponsel kamu lebih lancar termasuk Google Play store.

Cek setiap aplikasi dan bersihkan cachenya satu persatu. Fantastis, aplikasi yang tak pernah kamu bersihkan, jumlah cachenya bahkan menyentuh kapasitas GB.

Kalau memori penuh, walaupun Google Play Store tidak terhenti, kamu tidak akan bisa mengunduh aplikasi melalui Play Store.

Jadi saat sistem ini gagal mengunduh aplikasi, kamu bisa mengecek penyebabnya yang paling utama lebih dulu, yakni memori smartphone yang hampir penuh.

Back to Content ↑

Bagaimana Jika Google Play Store Tidak Bisa Mengunduh Aplikasi?

Selain terhenti, masalah lain yang sering dikeluhkan pengguna adalah ketika Play Store tidak bisa berfungsi untuk mengunduh aplikasi.

Apa penyebab dan bagaimana solusinya? Berikut di antaranya:

Back to Content ↑

1. Cek Memori Smartphone

Penyebab utamanya adalah memori Hp yang penuh. Cek berapa jumlah memori tersisa dan pastikan kamu membersihkan sampah atau file yang tidak perlu.

Back to Content ↑

2. Koneksi Internet

Aplikasi di Google Play Store tidak bisa kamu unduh penyebab lainnya adalah koneksi internet yang bermasalah.

Pindah ke jaringan Wifi yang stabil sehingga aplikasi dengan kapasitas yang besar bisa terunduh dengan lancar.

Back to Content ↑

3. Sistem Error

Perintah yang terlalu banyak pada smartphone di saat kamu sedang mengunduh aplikasi di Play Store misalnya akan membuat sistem menjadi error.

Kamu tak perlu khawatir, hal yang bisa kamu lakukan adalah mematikan Hp, lakukan restart dan kamu bisa mengunduh ulang aplikasi setelah ponsel kembali kamu hidupkan.

Back to Content ↑

Cara mengatasi Google Play terus berhenti di Samsung, Xiaomi, Vivo atau merek Hp yang lainnya pada dasarnya hampir sama. Setting ke pengaturan pabrik untuk solusi yang lebih cepat tetapi kamu perlu mempertimbangkan back up data yang sudah aman.

Jangan membiarkan file-file tak penting menumpuk di ponsel. Hal ini secara umum akan mengganggu kinerja kelancaran setiap aplikasi di smartphone.

Selain itu, masalah lain yang juga sering terjadi adalah Google Play Store yang tidak bisa memperbarui aplikasi yang ada di Hp.

Penyebabnya tetap sama, selain koneksi yang tidak stabil biasanya juga karena memori Hp yang terlalu penuh. Cek dan bersihkan segera.

Kamu sudah punya gambaran bukan bagaimana cara mengatasi Google Play terhenti seperti yang dijelaskan di atas? Jangan panik, kamu bisa mencobanya satu persatu. Semoga Bermanfaat!