Skip to main content

8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Apakah ponsel Android kamu pernah mengirimkan notifikasi “Ruang penyimpanan hampir habis?”. Berikut ada beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang mudah kamu terapkan agar notifikasi tersebut hilang.

Ya, ponsel saat ini memang bukan sekadar untuk berkomunikasi semata. Namun juga menjadi media hiburan, misalnya untuk belajar, menonton film hingga bermain game. Tidak heran jika, besarnya ruang penyimpanan internal menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli Hp.

Semakin besar RAM maka akan semakin banyak aplikasi yang bisa kamu jalankan. Apalagi jika kamu gemar berswafoto dan memasang banyak aplikasi di smartphone, keberadaan memori internal menjadi sangat berguna.

Sayangnya, ruang penyimpanan memiliki keterbatasan, bahkan berdampak pada performa ponsel jika terlalu penuh.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

Alasan Memori Penyimpanan Cepat Penuh

8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Ada beberapa alasan mengapa ruang penyimpanan cepat penuh padahal tidak banyak aplikasi yang terinstal.

Back to Content ↑

1. Ukuran Aplikasi Terlalu Besar

Salah satu alasannya adalah ukuran aplikasi terlalu besar. Untuk beberapa ponsel dengan memori RAM yang sedikit akan kesulitan memasang aplikasi game besar. Oleh karena itulah, kamu perlu menggunakan memori microSD.

Back to Content ↑

2. Auto Save Foto dan Video Masih Aktif

Tanpa kamu sadari, pengaturan auto save foto atau video yang terdapat pada aplikasi chatting dapat memakan ruang penyimpanan. Fitur ini tidak hanya memakan kuota internet tetapi juga dapat memenuhi memori ponsel.

Cobalah cek pada pengaturan aplikasi chat yang terdapat di dalam ponselmu, kemudian klik “Never” untuk menonaktifkannya.

Back to Content ↑

3. Terdapat Sisa Data yang Berasal Dari Aplikasi Lama

Tahukah kamu bahwa ada beberapa aplikasi yang meninggalkan data-data sekalipun telah dihapus. Jika kamu tidak mengelolanya dengan baik, maka data-data tersebut tetap akan memenuhi ruang penyimpanan dan membuat memori Hp penuh.

Back to Content ↑

4. Foto dan Video Terlalu Banyak

kamu merasa tidak banyak memasang aplikasi namun ruang penyimpanan masih saja penuh, bisa jadi penyebabnya karena foto dan video yang terlalu banyak.

Apalagi jika kamera ponsel kamu memiliki resolusi yang tinggi, tidak heran jika foto pun akan berukuran besar. Jika file tersebut tidak kamu pindahkan ke memori external, maka dapat membuat ruang penyimpanan cepat penuh.

Lantas bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi penting yang ada?

Nah, bagi kamu yang enggan untuk menghapus aplikasi namun ingin mengosongkan ruang penyimpanan, maka wajib membaca tips berikut ini.

Back to Content ↑

8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

8 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Click Image to Enlarge!

Terapkan beberapa cara di bawah ini untuk mengosongkan penyimpanan:

Back to Content ↑

1. Menghapus Cache Pada Aplikasi

Cara pertama untuk mengatasi memori Hp penuh adalah mengosongkan cache. Cache merupakan proses penyimpanan informasi data sementara. Sederhananya, ketika kamu memasang sebuah aplikasi sosial media, maka akan memasukkan beberapa informasi untuk mengaksesnya. Nah, keberadaan cache akan membantu kamu mengakses aplikasi tersebut di lain waktu dengan lebih cepat dan efisien.

Namun keberadaan cache juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah memakan ruang penyimpanan, sehingga membuat kinerja ponsel melambat. Jadi, untuk mengembalikan ruang penyimpanan dan performa ponsel kamu sebaiknya hapus data cache secara berkala.

Untuk menghapus cache, kamu bisa masuk ke pengaturan kemudian memilih menu manager aplikasi. Pilih salah satu aplikasi yang sering kamu gunakan, kemudian lihatlah pada bagian detail data. Pilih hapus cache.

Dengan demikian, kamu bisa mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi tersebut.

Back to Content ↑

2. Menghapus File Unduhan

Ponsel Android mempunyai folder unduhan yang merupakan tempat bagi apapun yang telah kamu download, misalnya foto, dokumen atau file lainnya. Beberapa file yang terdapat di folder unduhan terkadang bukan sesuatu yang penting. Sehingga kamu perlu untuk menghapus file tersebut.

kamu bisa membuka menu “File Manager” atau “ File Saya” kemudian pilih menu unduhan atau download history. Pilihlah beberapa file yang memang tidak dibutuhkan dan hapus secara permanen.

Back to Content ↑

3. Memanfaatkan Google Photos/Cloud

Seperti yang kamu ketahui, foto atau video merupakan item utama yang dapat menyita ruang penyimpanan di ponsel. Semakin banyak foto dan video yang kamu ambil, semakin besar ruang memori internal yang termakan.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus kehilangan foto atau video, kamu harus mengunggah foto tersebut ke Google Photos, Onedrive dll. Dengan demikian, kamu bisa mencadangkan foto dalam jumlah yang tidak terbatas.

Setelah foto dicadangkan ke Google Photos atau Drive online lainnya, maka kamu bisa mengosongkan ruang penyimpanan ponsel.

Cobalah masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih “Back up & Sync”, masukkan alamat email untuk pencadangan dan aktifkan. kamu bisa memilih ingin mencadangkan dengan kualitas ukuran asli dan beresolusi tinggi.

Setelah berhasil mencadangkan foto atau video, maka kamu bisa menghapus semua file tersebut.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Aplikasi Versi Ringan

Cara lain untuk mengosongkan memori Hp yang penuh yaitu beralih ke aplikasi dengan versi ringan, misalnya Lite atau Go. Aplikasi yang mempunyai nama Lite atau Go mempunyai ukuran file yang lebih kecil daripada versi aslinya.

Jangan kuatir, aplikasi lite tidak jauh berbeda dari versi aslinya. Karena aplikasi ini resmi disediakan oleh pengembang yang asli.

Jadi, pengembang sengaja merancang aplikasi Lite untuk negara-negara dengan perangkat Android yang kurang bagus dengan koneksi lambat. Dengan demikian, kamu bisa menghemat memori internal sekaligus kuota internet.

Back to Content ↑

5. Memindahkan Aplikasi ke Memori External

Beberapa aplikasi memang berukuran besar dan menghabiskan ruang penyimpanan di Hp. Jika kamu tidak ingin menghapus aplikasi yang ada, maka pindahkan saja ke memori penyimpanan external.

Kamu bisa masuk melalui pengaturan dan mengetuk aplikasi mana yang akan dipindahkan. Ada beberapa tipe ponsel yang mengharuskan kamu membuka menu penyimpanan terlebih dahulu untuk menemukan opsi pindah ke memori external.

Namun, untuk game dengan ukuran besar tetap tidak bisa kamu pindahkan ke memori external.

Back to Content ↑

6. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Setiap ponsel memang mempunyai aplikasi bawaan yang terkadang tidak kamu gunakan sama sekali. Ada beberapa ponsel yang sudah terpasang aplikasi bawaan dan tidak dapat menghapusnya, karena cukup berisiko.

Namun kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan.

Caranya:

  1. Pilih aplikasi bawaan yang hendak kamu nonaktifkan
  2. Ketuk “Force Stop” atau pilih “Menonaktifkan”

Back to Content ↑

7. Membersihkan Sampah

Cara mengosongkan ruang penyimpanan yang selanjutnya adalah menghapus file sampah yang tersimpan di dalam ponsel. kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Files by Google, CCleaner dan lainnya.

Back to Content ↑

8. Hapus file Musik yang kamu Simpan

Salah satu penyebab ruang memori penuh karena terdapat file musik yang kamu unduh sebelumnya. Jika ingin menghemat memori internal, cobalah mendengarkan musik secara online tanpa harus mengunduhnya.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu coba. Semua cara di atas dapat kamu gunakan pada semua jenis merek dan tipe ponsel. Tambahkan kartu microSD dan memindahkan beberapa file. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

Back to Content ↑

Oldest Post