Skip to main content

7 Tips Agar Artikel Muncul di Halaman Pertama Google

7 Tips Agar Artikel Muncul di Halaman Pertama Google
7 Tips Agar Artikel Muncul di Halaman Pertama Google
Images source: Pixabay.com

7 Tips Agar Artikel Muncul di Halaman Pertama Google

Sebagus apapun artikel yang Anda buat, akan percuma jika tidak ada yang melihatnya. Oleh karena itulah sangat penting untuk membuat sebuah artikel yang ramah dengan mesin pencarian. Dengan begitu, website atau blog Anda akan lebih mudah untuk muncul di halaman nomor 1 Google dan mendapat banyak pengunjung yang membacanya.

Ada banyak faktor yang membuat sebuah artikel blog bisa muncul di halaman pertama, salah satunya adalah kualitas artikel yang dibuat. Artikel yang dibuat harus sesuai Algoritma Google yang terbaru dan bisa menarik perhatian para pembaca.

TOC / Daftar Isi

7 Tips Supaya Artikel Muncul di Halaman Pertama Google

Ada beberapa tips menulis artikel SEO supaya muncul di halaman pertama Google. Tips berikut ini akan membantu meningkatkan kualitas artikel Anda supaya lebih mudah muncul di halaman pertama Google.

Back to Content ↑

1. Riset Kata Kunci

Riset Kata Kunci
Images source: Screenshot

Langkah pertama sebelum membuat artikel adalah riset kata kunci terlebih dahulu. Kata kunci ini merupakan kata yang nantinya dijadikan sebagai inti pembahasan dalam artikel yang akan dibuat. Ada banyak cara riset kata kunci baik itu secara gratis maupun berbayar.

Jika blog Anda baru dibuat dan belum memiliki banyak backlink atau nilai yang baik di Google. Sebaiknya targetkan atau buat artikel dengan kata kunci yang persaingannya rendah. Jangan membuat artikel dengan keyword atau kata kunci persaingan tinggi, karena sangat sulit untuk bersaing dengan website-website besar yang lain.

Untuk awal-awal, buatlah artikel dengan keyword persaingan rendah. Anda bisa buat artikel Long Tail keyword, yaitu kata kunci yang panjang. Contohnya Anda membuat artikel tentang blog, tentunya keyword tersebut sangat tinggi persaingannya. Nah maka dari itu Anda bisa menambahkan keyword tersebut seperti cara membuat blog menggunakan blogger untuk pemula.

Berikut ini adalah beberapa tools riset keyword atau kata kunci yang bisa Anda gunakan secara gratis:

  1. Google Search Console
  2. Google Keyword Planner
  3. Google Trends
  4. Google Analytic
  5. Adword & SEO Keyword Permutation Generator
  6. Wordtracker
  7. Keywordtool.io
  8. Moz
  9. KwFinder
  10. LSI Keyword

Back to Content ↑

2. Buat Judul yang Menarik

Buat Judul Yang Menarik
Images source: Screenshot

Setelah Anda meriset kata kunci, selanjutnya buatlah judul yang menarik dan tepat sasaran. Pemilihan judul untuk kata kunci ini sangat penting karena bisa menentukan jumlah visitor yang nantinya bisa datang berkunjung ke blog Anda. Visitor cenderung klik artikel di halaman pertama dengan judul yang menarik dan anti mainstream.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan penempatan kata kunci yang Anda targetkan. Contohnya ada kata kunci terdapat pada judul artikel “Membuat Blog menggunakan Blogger”, pastikan Anda menempatkan kata kunci tersebut di depan dari judul artikel yang Anda buat. Untuk kalimat selanjutnya bisa Anda kreasikan sendiri supaya lebih menarik dan mengundang klik.

Salah satu cara membuat judul menarik adalah dengan menambahkan angka di depan kata kunci. Contohnya judul “Laptop Terbaik untuk Mahasiswa” dan “7 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa” akan terlihat lebih menarik judul yang mengandung angka.

Back to Content ↑

3. Penempatan Kata Kunci

Penempatan Kata Kunci
Images source: Screenshot

Tips berikutnya adalah menempatkan kata kunci dengan tepat. Dalam membuat artikel, usahakan untuk menempatkan kata kunci yang ditargetkan dalam 100 kata pertama di artikel tersebut dan selebihnya disebar secara merata ke seluruh artikel.

Untuk jumlah kata kunci yang dimasukkan dalam artikel, sebaiknya jangan terlalu banyak supaya Google tidak menganggapnya sebagai Spam. Namun pastikan pada 100 kata pertama di artikel tersebut mengandung kata kunci yang Anda targetkan. Karena biasanya Google akan membaca paragraf pertama dalam artikel yang Anda buat.

Secara umum, ada lima posisi terbaik untuk menempatkan kata kunci. Yang pertama adalah di bagian awal paragraf atau 100 kata pertama tadi, kemudian di bagian kedua dengan kata kunci LSI, dan di akhir paragraf sebagai penutup konten. Yang keempat adalah pada link postingan atau permalink, dan terakhir pada meta deskripsi.

Back to Content ↑

4. Perhatikan Struktur Artikel

Perhatikan Struktur Artikel
Images source: Screenshot

Anda juga harus memperhatikan struktur artikel yang dibuat supaya artikel bisa muncul di halaman pertama Google. Struktur artikel yang baik bisa mempermudah pengunjung dalam memahami isi artikel.

Biasanya struktur artikel dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu Pembuka berisi latar belakang dan tujuan artikel, Isi berisi penjelasan rinci, dan Kesimpulan berisi penutup dan rangkuman artikel.

Tuliskan kalimat di setiap paragraf dengan rapi, Anda bisa menulis dengan melihat anak judul pada paragraf tersebut. Sebaiknya hindari melakukan pengulangan kata di atas 20 kali supaya mesin pencarian seperti Google bisa membaca struktur kalimat yang dibuat. Jangan membuat paragraf yang terlalu panjang karena tidak enak dibaca. Paragraf yang ideal adalah 2-4 baris per paragraf.

Selanjutnya, Anda harus fokus kepada pembahasan artikel yang dibuat, jangan membahas keluar konteks. Selain itu, kurangi juga kalimat-kalimat yang tidak sesuai atau tidak berhubungan dengan kata kunci yang sedang dibahas. Buat setiap kalimat dengan kata-kata yang sedetail mungkin, baca ulang artikel sebelum di publish.

Back to Content ↑

5. Gunakan Gambar yang Relevan

Gunakan Gambar Yang Relevan
Images source: Internet

Supaya artikel muncul di Google, Anda membuat artikel dengan disertai gambar-gambar yang relevan. Jadi selain muncul di pencarian artikel, blog Anda juga bisa muncul di pencarian gambar sesuai dengan keyword atau kata kunci yang dicari pengunjung. Misalnya artikel membahas laptop IdeaPad, maka tambahkan gambar Laptop IdeaPad sesuai dengan tipe yang dibahas.

Pastikan setiap postingan yang Anda buat mengandung gambar, karena menambahkan gambar di setiap postingan bisa mempengaruhi posisi artikel di mesin pencarian sehingga peluang muncul di halaman pertama Google semakin besar.

Semakin lengkap dan detail gambar yang Anda sertakan dalam artikel, semakin bagus pula nilai SEO dari artikel tersebut. Untuk gambar sendiri Anda bisa screenshot atau mengambil gambar lewat situs foto gratis seperti Pixabay, Unsplash, Pexels, dan sebagainya.

Back to Content ↑

6. Backlink (Internal dan Eksternal)

Backlink (Internal dan Eksternal)
Images source: Internet

Selain dari sisi artikel, Anda juga harus menambahkan backlink internal dan eksternal dari artikel yang dibuat. Backlink memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mendongkrak posisi website Anda di mesin pencarian.

Untuk backlink awal-awal, silahkan buat artikel yang saling berhubungan sehingga bisa dibuatkan backlink internal yang relevan.

Sedangkan untuk backlink eksternal ini opsional, Anda bisa melakukan guest post di blog lain atau mengandalkan sharing dari media sosial. Jika Anda ingin hasilnya lebih cepat terlihat, silahkan order jasa backlink terpercaya, ada banyak yang menyediakan.

Back to Content ↑

7. Buat Artikel Unik dan Original

Buat Artikel Unik dan Original
Images source: Internet

Tips yang terakhir adalah dengan membuat artikel yang unik dan original. Kebanyakan orang yang membuat artikel dengan cara rewrite atau bahkan copy paste artikel milik orang lain.

Untuk cara rewrite sebenarnya tidak masalah, namun sebaiknya buat dengan unik dan dari sudut pandang yang berbeda. Namun jangan sekali-kali Anda copas artikel milik orang lain karena bisa membuat kualitas blog artikel Anda menurun di mata Google.

Lebih bagus lagi jika Anda bisa membuat artikel original berdasarkan pengalaman Anda sendiri. Ini menjadi nilai lebih dan membuat artikel Anda menjadi lebih cepat naik di Google. Namun jika Anda kesusahan, silahkan rewrite saja artikel lain dan jangan lupa cek di Plagiarism Checker.

Back to Content ↑

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!