Skip to main content

Ciri-Ciri Charger Samsung Original. Jangan Pilih yang Palsu!

Ciri-Ciri Charger Samsung Original. Jangan Pilih yang Palsu!
Ciri-Ciri Charger Samsung Original. Jangan Pilih yang Palsu!

Ciri-Ciri Charger Samsung Original. Jangan Pilih yang Palsu!

Selain lebih aman, charger Samsung asli atau bawaan memiliki resiko kerusakan lebih kecil, alih-alih charger KW. Masalahnya, bagaimana ciri-ciri charger Samsung original?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan keorisinilan sebuah charger. Misalnya seperti dengan mengecek material, memperhatikan font tulisan, atau dengan mengecek voltasenya.

Secara lengkap, ciri-ciri charger samsung yang original bisa kamu temukan dalam ulasan berikut.

TOC / Daftar Isi

Begini Ciri-ciri Charger Samsung Original

Untuk memeriksa keaslian sebuah produk kepala charger, kamu harus paham bagaimana perbedaan charger ori dan kw. Semua akan kita jabarkan dalam uraian di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Periksa Logo Samsung di Charger

Warna dasar logo di charger Samsung ori cenderung lebih soft, tidak sejelas warna logo di charger KW. Meskipun begitu, karakter tulisan yang ada di charger ori cenderung lebih rapi dan elegan.

Bila ternyata di charger terdapat bercak dan stretchmark pada setiap hurufnya, ada kemungkinan charger tersebut bukan barang asli.

Back to Content ↑

2. Coba Cek Bagian Desain Charger

Salah satu ciri keaslian sebuah charger Samsung ada pada desainnya yang memiliki cetakan rapi dan cenderung melengkung sempurna di sisi-sisinya.

Ini berbeda dengan charger non original yang umumnya memiliki desain asal dan meragukan. Pembuat akan melewatkan detail-detail kecil seperti lengkungan pada sisi-sisi charger.

Namun, hal ini tidak bisa menjadi patokan pasti, karena bentuk dan desain charger akan berubah sewaktu-waktu.

Back to Content ↑

3. Periksa Bagian Port dan Logo USB

Bagian port atau lempengan besi yang akan kamu masukkan ke lubang charger di ponsel bisa jadi ciri-ciri charger Samsung asli selanjutnya.

Apabila kamu memiliki charger asli yang lama dan ingin memeriksa charger baru, coba bandingkan. Bila bentuk portnya lebih memanjang, ada indikasi kabel USB tersebut tidak ori.

Kabel charger original memiliki bentuk USB yang lebih kecil, sehingga akan masuk seluruhnya pada lubang port di ponsel.

Sementara cetakan logo pada USB charger tidak terlalu jelas dan tampak elegan juga merupakan salah satu ciri-ciri kabel charger samsung original. Selain itu, cetakan logonya juga lebih dalam dan terlalu mencolok.

Back to Content ↑

4. Periksa Tulisan di Badan Charger

Sama seperti cetakan logo, pada bagian lainnya Samsung juga memberikan sentuhan elegan dan soft pada tulisan-tulisan di badan charger original.

Sedangkan pada charger palsu, tulisan dan logo akan tampak asal, bahkan terlihat terlalu nyata dan mencolok. Seringnya, ini disertai dengan hasil yang kurang halus dan belepotan.

Back to Content ↑

5. Memiliki Build Quality Kokoh

Charger original memiliki bahan dengan feel pegangan yang solid dan kokoh, tidak terkesan murahan. Selain sebagai bentuk kebanggaan, build quality yang baik juga berpengaruh terhadap keamanan pengguna.

Lain halnya dengan charger non original yang memiliki feel ringkih dan terkesan murahan. Beratnya juga cenderung lebih ringan.

Back to Content ↑

6. Charger Samsung Original Kebanyakan Made in Vietnam, Alih-Alih China

Saat ini, charger dari Samsung umumnya adalah made in Vietnam dan jarang ada charger Samsung made in China.

Di mana kita bisa tahu bahwa charger ini berasal dari negara Vietnam?

Kamu bisa cek pada bagian badan charger dan memeriksa negara pembuatnya. Pastikan dengan jeli sampai ke isi tulisannya, alih-alih hanya memeriksa bagian fisiknya.

Back to Content ↑

7. Periksa Kaki Adaptor

Pada kaki kepala charger original, Samsung memberi desain berbentuk diameter yang berbeda antara ujung atas dan ujung bawah. Maka dari itu, tidak heran jika bentuknya tidak rata.

Ini berbeda dengan charger KW atau palsu yang memiliki kaki charger cenderung lurus dengan diameter kaki antara atas dan bawah tidak terdapat perbedaan.

Back to Content ↑

8. Dijual di Gerai Resmi

Beli charger samsung original di mana?

Meskipun banyak reseller yang tersebar dan menjual charger Samsung, opsi paling aman adalah langsung mengunjungi official store alias gerai resmi milik Samsung.

Sudah pasti semua aksesoris, mulai dari headphone, kabel USB, sampai charger, semuanya original 100%. Jadi, sebaiknya kamu bisa membeli charger di gerai resmi, karena produknya sudah pasti original.

Back to Content ↑

9. Harga Relatif Lebih Tinggi

Salah satu kesalahan konsumen adalah terlalu mendewakan harga miring. Padahal, harga-harga aksesoris ponsel yang tergolong miring atau di bawah harga rata-rata justru memiliki resiko besar jika barang itu palsu.

Salah satu ciri-ciri produk original sudah pasti memiliki harga yang lebih tinggi daripada produk KW. Harga charger Samsung original bisa mencapai Rp 200 ribuan.

Jika kamu membelinya secara online, harga charger Samsung KW bahkan bisa kurang dari Rp 10 ribuan. Harga tersebut jelas tidak masuk akal.

Jadi, saat membeli, pastikan kamu tidak terkecoh dengan harga terlalu murah dan benar-benar pilih charger yang original.

Back to Content ↑

10. Memiliki Voltase dan Tegangan Sesuai Klaim

Bagaimana cara memastikannya? Apakah itu berarti kita harus membeli alat pengecek tegangan?

Tentu tidak, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ampere. Aplikasi ini bisa mendeteksi dan menunjukkan besaran arus listrik yang masuk ke ponsel Samsung.

Pastikan arus tegangan voltase di ponsel dan klaim pada kemasannya sesuai, ya! Jika beda jauh, kamu bisa mempertanyakan embel-embel originalnya.

Back to Content ↑

Ternyata Ini Bahaya Charger KW Alias Palsu

Ada banyak resiko yang akan menimpa ponsel, jika kamu menggunakan charger yang tidak original alias KW. Berikut beberapa resiko yang mungkin terjadi.

Back to Content ↑

1. Battery Healthy Menyusut Lebih Cepat

Kesehatan baterai merupakan salah satu hal terpenting. HP yang dikit-dikit dicharge itu kurang fleksibel dan memaksa kita untuk selalu membawa power bank kemana pun kita pergi.

Selain karena penggunaan ponsel yang terlalu berlebihan, penggunaan charger yang tidak original ternyata justru memperparahnya, lho. Kenapa bisa demikian? Ini karena sistem standarisasi arus listrik.

Samsung memiliki ketentuan sendiri mengenai arus listrik dan daya ponsel. Sayangnya, charger non resmi kurang memenuhi standar, sehingga ini akan membahayakan kesehatan baterai ponsel.

Back to Content ↑

2. Port USB Mudah Rusak

Meskipun sekilas sama saja, tapi kabel USB yang tidak memenuhi standar memiliki resiko tinggi untuk merusak port USB. Tentu saja ini sangat berbahaya untuk jangka waktu kedepannya.

Bisa jadi, suatu saat bahkan port USB tidak lagi bisa bekerja dengan baik dan daya yang masuk juga terhambat. Parahnya, ini akan mengakibatkan ponsel tidak bisa membaca aliran daya lagi.

Back to Content ↑

3. Mengganggu Kinerja Komponen Hardware Baterai

Karena arus yang kurang terstandar, baterai juga rentan mengalami kerusakan. Parahnya, lama kelamaan baterai akan error dan tidak bisa menerima daya listrik lagi.

Pasti kamu tidak ingin ini terjadi, bukan? Pasalnya, hal ini akan lebih berbahaya untuk jangka waktu yang panjang.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu benar-benar mengecek keaslian charger yang kamu gunakan. Apalagi jika kamu tidak membelinya dari gerai resmi Samsung, baik offline maupun online.

Back to Content ↑

4. Terkena Overheat

Overheat atau terlalu panas sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi saat melakukan pengecasan. Apalagi dewasa ini voltase daya pengisian juga semakin besar.

Namun, jika kamu tidak menggunakan charger Samsung original, sudah pasti ponsel lebih mudah mengalami panas berlebih, tidak seperti biasanya.

Banyak hal yang harus kamu perhatikan saat membeli charger bukan dari official resminya. Pastikan toko sudah terpercaya dan kualitas produk masih oke. Kamu juga harus bisa membedakan mana produk asli dan mana produk yang palsu.

Back to Content ↑

Ciri-ciri charger Samsung original bisa kamu lihat dari build quality yang kokoh, desain yang terkesan elegan, serta cetakan-cetakan yang rapi dan tidak setebal produk KW. Semoga Bermanfaat!