Skip to main content

4 Cara Mematikan TalkBack Vivo yang Tak Sengaja Aktif

4 Cara Mematikan TalkBack Vivo yang Tak Sengaja Aktif
4 Cara Mematikan TalkBack Vivo yang Tak Sengaja Aktif

4 Cara Mematikan TalkBack Vivo yang Tak Sengaja Aktif

Jika kamu pemilik ponsel Vivo, kamu pasti akrab dengan fitur TalkBack. Fitur yang membuat handphone kamu bisa berbicara sendiri ini memang kerap menuai pro dan kontra. Untungnya, fitur ini bisa kamu matikan, loh. Ini empat cara mematikan TalkBack Vivo yang bisa kamu praktekkan.

TOC / Daftar Isi

Apa itu TalkBack? Cara Memastikan Apakah Ponsel Kamu Punya Fitur TalkBack

Sebelum melanjutkan pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui apa itu fitur TalkBack.

Jadi, apa itu fitur Talkback?

TalkBack adalah fitur pembaca layar yang ada dalam setiap ponsel Android. Fitur inilah yang menyebabkan hp vivo keluar suara sendiri.

Dalam keadaan menyala, fitur TalkBack bisa membantu kamu membacakan apapun yang tertera di layar ponsel kamu, termasuk teks-teks panjang. Tidak hanya itu, fitur ini juga membantu kamu menjelaskan tombol apapun yang kamu pilih.

Meski banyak yang tidak menyukai fitur ini, sesungguhnya TalkBack memiliki tujuan yang mulia, yaitu membantu pengguna ponsel yang memiliki masalah penglihatan, baik tunanetra, mata buram, ataupun masalah lainnya. Inilah penyebabnya kenapa handphone berbunyi sendiri.

Back to Content ↑

Cara Memastikan Apakah Ponsel Kamu Punya Fitur TalkBack

Pertanyaan yang kerap muncul selanjutnya adalah, apakah handphone kamu memiliki fitur TalkBack?

Jawabannya adalah ya, jika kamu adalah pengguna ponsel Android.

Faktanya, semua ponsel Android memiliki fitur TalkBack. Meski begitu, sebagian merk ponsel Android tidak mengaktifkan fitur ini secara otomatis. Jadi, jika fitur TalkBack tiba-tiba menyala, bisa jadi kamu melakukannya tanpa sengaja.

Bagaimana kamu tahu kalau kamu sudah tak sengaja menyalakan fitur TalkBack? Coba ingat-ingat lagi. Apakah kamu pernah:

  • Mengetuk layar kamu dengan gestur tiga jari, atau
  • Menggunakan gestur satu jari untuk menggeser layar ke bawah dan ke kanan, membentuk huruf L

Jika memang pernah, kemungkinan besar hal itu yang menyebabkan fitur TalkBack menyala sendiri.

Nah, jika sudah tahu penyebabnya, akan semakin mudah bagi kamu untuk mencegah fitur TalkBack menyala sendiri di masa mendatang.

Selanjutnya, kamu hanya perlu tahu cara menonaktifkannya. Ini cara mematikan TalkBack Vivo V15, cara mematikan talkback vivo y20, serta TalkBack Vivo tipe lain dalam empat langkah simpel.

Back to Content ↑

4 Cara Menonaktifkan TalkBack Vivo

1. Cara Mematikan TalkBack Vivo Lewat Menu Pengaturan

Sebagai pusat komando di sebuah ponsel, menu Pengaturan merupakan jalan terbaik untuk kamu yang ingin mematikan fitur TalkBack Vivo. Begini caranya:

  • Yang pertama, kamu perlu menuju menu Settings atau Pengaturan di ponsel kamu.
  • Selanjutnya, geser layar ponsel kamu hingga menemukan opsi Pintasan.
  • Kemudian, setelah membuka opsi tersebut, kamu akan melihat opsi Aksesibilitas.
  • Di menu tersebut, kamu akan melihat menu TalkBack. Klik pada menu tersebut, kemudian pilih Matikan TalkBack.

Back to Content ↑

2. Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Shortcut pada Tombol Ponsel

Jika cara pertama masih terlalu ribet untuk kamu lakukan, kamu bisa menonaktifkan fitur TalkBack pada ponsel Viva melalui jalan pintas sederhana ini. Silakan dipraktekkan, ya.

  • Yang pertama, cek bodi bagian samping ponsel kamu. Di situ, kamu akan menemukan tombol yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan volume suara pada ponsel.
  • Untuk menonaktifkan fitur Talkback Vivo, kamu perlu memencet tombol-tombol tersebut secara bersamaan.
  • Proses ini tidak perlu kamu lakukan terlalu lama. Setelah itu, kamu akan segera melihat notifikasi bahwa fitur TalkBack sudah tidak berjalan.
  • Jika kamu ingin memastikan lebih lanjut, kamu kamu bisa cek di menu Pengaturan seperti arahan sebelumnya.
  • Namun, apabila TalkBack masih tetap berjalan juga padahal sudah kamu nonaktifkan, kamu bisa melakukan reboot atau restart ponsel.

Back to Content ↑

3. Cara Menghentikan TalkBack Vivo Melalui Google Assistant

Ingin cara yang lebih gampang lagi? Perintahkan saja keinginanmu pada Google Assistant.

Google Assistant adalah fitur yang memungkinkan kamu mengucapkan perintah kepada ponsel kamu. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka media sosial, memutar lagu, dan masih banyak lagi. Tidak terkecuali, fitur ini juga memungkinkan kamu menonaktifkan fitur TalkBack di ponsel. Inilah caranya:

  • Yang pertama, tekan dan tahan tombol Home di ponsel kamu, kemudian tunggu hingga muncul notifikasi bahwa Google Assistant sedang berjalan.
  • Untuk mengaktifkan Google Assistant, kamu hanya perlu katakan "Hey Google"
  • Selanjutnya, Google Assistant akan merespon perkataan kamu dengan memberikan pertanyaan.
  • Jika sudah begitu, kamu hanya perlu mengatakan "Turn On/Off Talkback" dan fitur TalkBack akan otomatis berhenti.

Back to Content ↑

4. Cara Menghilangkan Aksesibilitas TalkBack Vivo dengan Melakukan Reset

Jika keempat cara di atas tidak bisa kamu lakukan, salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah melakukan reset pada ponsel.

Namun, melakukan reset ponsel memiliki risiko sendiri. Sebelum mengambil langkah ini, ada baiknya kamu melakukan restart ponsel terlebih dahulu.

Jika masih tidak bisa juga, mau tidak mau, kamu perlu melakukan reset. Begini caranya:

  • Yang pertama, buka menu Pengaturan, kemudian pilih menu Sistem.
  • Kemudian, kamu akan menemukan menu Reset Options.
  • Terakhir, kamu perlu memilih menu Factory Reset

Jika cara ini terlalu sulit, kamu bisa membawa ponsel kamu ke service center terdekat untuk melakukan Flashing, alias mengganti sistem Android kamu dengan yang baru.

Back to Content ↑

Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Mematikan TalkBack

Proses mematikan fitur TalkBack tidaklah rumit. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, baik sebelum atau sesudah menonaktifkan fitur tersebut.

  • Yang pertama, jika kamu hendak menonaktifkan TalkBack melalui Google Assistant, pastikan pelafalan kamu benar, terutama jika kamu menggunakan perintah Bahasa Inggris. Jika cara penyampaian kamu kurang tepat, bisa saja Google Assistant tidak memproses permintaan kamu.
  • Yang kedua, jika kamu lebih memilih cara reset handphone atau melakukan factory reset, sebaiknya kamu sediakan waktu untuk backup file-file penting yang ada di ponselnya. Pasalnya, semua data akan hilang jika kamu melakukan factory reset.
  • Yang terakhir, setelah berhasil menonaktifkan TalkBack, ada baiknya kamu tetap berhati-hati agar fitur ini tidak sengaja menyala kembali.

Back to Content ↑

Pro dan Kontra TalkBack

Sesungguhnya, fitur TalkBack dibuat demi tujuan yang baik. Namun, tidak jarang juga banyak orang yang terganggu. Ini pro dan kontra fitur TalkBack:

Back to Content ↑

1. Pro

  • Membantu pengguna ponsel yang tunanetra, atau mengalami masalah penglihatan seperti rabun mata dan lain-lain.
  • Membantu pengguna ponsel yang baru belajar menggunakan smartphone ataupun gagap teknologi. Umumnya, pengguna dengan karakter ini adalah pengguna lansia.

Back to Content ↑

2. Kontra

  • Yang pertama, fitur Talkback mampu memperlambat kinerja saat menggunakan handphone. Pasalnya, kamu tidak akan bisa menggunakan layar sentuh kecuali sistem sudah berhasil memproses perintah kamu sebelumnya. Apalagi, penggunaan fitur TalkBack cukup rumit.
  • Yang kedua, Suara yang mendadak muncul pada ponsel dengan fitur TalkBack kerap membuat kaget atau menimbulkan ketidaknyamanan.
  • Yang terakhir, jika ponsel kamu sudah kehabisan kapasitas internal, ada kemungkinan ponsel kamu jadi lemot. Aktifnya fitur TalkBack bisa memperparah hal tersebut.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Fitur TalkBack memang kerap mengganggu pengguna ponsel Vivo karena suaranya yang mendadak dan membuat ponsel jadi lemot. Namun, bukan berarti fitur ini tidak ada manfaatnya.

Untuk kamu yang tidak membutuhkan fitur tersebut, kamu bisa praktekkan 4 cara mematikan talkback vivo yang sudah dijelaskan. Cara-cara tersebut sangat simpel sehingga siapapun pasti bisa melakukannya. Nah, semoga tips ini membantu, ya. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑