Skip to main content

Bluetooth untuk PC: Ini 8 Rekomendasi Terbaik dan Harganya

 Bluetooth untuk PC: Ini 8 Rekomendasi Terbaik dan Harganya
Bluetooth untuk PC

Bluetooth untuk PC: Ini 8 Rekomendasi Terbaik dan Harganya

Meskipun koneksi bluetooth kini sudah mulai banyak ditinggalkan, namun bluetooth untuk PC ternyata masih cukup banyak dicari. Hal ini tak luput dari fakta bahwa koneksi bluetooth masih banyak dibutuhkan untuk keperluan tertentu. Seperti untuk menghubungkan dengan perangkat hardware lain.

Sayangnya, tidak semua laptop atau PC memiliki bluetooth bawaan, terutama laptop keluaran lama. Jika demikian, Anda membutuhkan perangkat atau driver bluetooth eksternal tersendiri. Pada kesempatan kali ini, akan kami bagikan beberapa rekomendasi terbaik bluetooth eksternal untuk PC.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

8 Rekomendasi Driver Bluetooth untuk PC

Back to Content ↑

1. TP-Link UB400

Driver bluetooth terbaik pertama yang kami rekomendasikan adalah TP-Link UB400. Driver ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau repot melakukan setting karena semuanya sudah dipermudah. TP-Link UB400 sudah dilengkapi dengan fitur plug and play pada semua versi Windows terbaru.

Fitur ini memungkinkan membuat Anda semakin mudah dalam menggunakan driver bluetooth eksternal ini. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu langsung memasang driver dan menggunakannya begitu saja.

Dari segi desain, TP-Link UB400 memiliki desain yang sangat ramping sehingga tidak akan mengganggu penampilan Laptop Anda. Selain itu desain yang berukuran kecil ini juga membuatnya sangat mobile dan mudah dibawa kemana-mana.

Jangkauan bluetooth dari TP-Link UB400 adalah 10 meter. Sebuah jangkauan yang cukup luas dan memudahkan untuk disambungkan dengan speaker sehingga dapat mendengarkan musik dari mana saja. Harga TP-Link UB400 cukup murah, yakni hanya Rp. 59.000 saja.

Back to Content ↑

2. Plugable USB Bluetooth 4.0

Driver selanjutnya ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari bluetooth untuk PC Windows 10. Karena jika Anda menggunakan Windows 10, maka driver ini menyediakan fitur instalasi yang lebih mudah. Anda tidak perlu melakukan setting yang terlalu banyak karena sudah disediakan oleh sistem.

Namun untuk pengguna Windows versi di bawahnya juga tak perlu khawatir. Karena Plugable USB Bluetooth 4.0 masih bisa digunakan pada Windows 7, 8, 8.1 dengan normal. Hanya saja proses instalasinya akan sedikit berbeda.

Plugable USB Bluetooth 4.0 memiliki kelebihan berupa hemat energi. Sangat cocok jika Anda menggunakan PC yang penggunaan energinya sangat diperhitungkan. Selain itu, driver bluetooth untuk PC ini juga dapat dihubungkan ke banyak hardware seperti speaker, keyboard, headset, dan lain-lain.

Untuk harganya, memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan driver bluetooth eksternal lainnya. Yakni Rp. 984.000 atau hampir 1 juta rupiah tergantung dimana Anda membelinya.

Back to Content ↑

3. Baseus Bluetooth 4.0

Rekomendasi selanjutnya datang dari brand yang tengah naik daun, yakni Baseus dengan produknya yang bernama Baseus Bluetooth 4.0. Produk ini juga tak kalah bagus kualitasnya dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Apalagi saat ini Baseus sedang gencar melakukan eskalasi brand mereka sehingga berpotensi mengeluarkan produk berkualitas termasuk driver bluetooth ini.

Baseus Bluetooth 4.0 cocok untuk digunakan pada aktivitas sehari-hari. Karena perangkat bluetooth untuk PC ini dapat terkoneksi ke semua hardware eksternal dengan konektivitas bluetooth. Harganya pun cukup murah yakni Rp 56.000 saja dan dapat dengan mudah ditemukan di e-commerce.

Back to Content ↑

4. Avantree DG40S USB Bluetooth 4.0

Satu lagi perangkat bluetooth eksternal dengan desain ramping dan menarik. Yakni Avantree DG40S USB Bluetooth 4.0. Bluetooth eksternal ini sudah dilengkapi dengan fitur plug and play sehingga Anda tidak perlu repot melakukan setting dan bisa langsung dipakai setelah dipasang.

Perangkat bluetooth ini memiliki konektivitas yang cukup cepat sehingga sangat cocok dipakai untuk transfer data. Dengan kecepatannya, Anda juga bisa mengandalkan bluetooth ini untuk aktivitas streaming dan menyambungkannya ke hardware eksternal seperti mic atau speaker.

Dengan demikian, aktivitas streaming game atau online meeting yang Anda lakukan pun semakin aman karena konektivitas cepat yang dimiliki. Namun dengan kualitasnya yang bagus, tentunya harganya akan sedikit lebih mahal, yaitu Rp 229.000.

Back to Content ↑

5. Orico BTA-409 Bluetooth 4.0

Jika Anda mencari bluetooth untuk PC dengan harga murah dan berkualitas bagus, maka Orico BTA-409 Bluetooth 4.0 bisa menjadi pilihan yang baik. Bahkan driver bluetooth ini sudah menyediakan drive gratis bagi para penggunanya dengan sistem operasi Windows 8 ke atas.

Driver bluetooth eksternal ini sudah kompatibel dengan semua versi bluetooth terbaru. Bahkan untuk perangkat yang menggunakan koneksi bluetooth 5.0 pun bisa disambungkan ke produk besutan Orico ini. Harganya hanya Rp. 86.000 saja.

Back to Content ↑

6. Zapo Bluetooth 4.0

Zapo Bluetooth memiliki desain produk yang sangat elegan dengan bentuk persegi dan ujung yang lancip. Cocok bagi Anda yang menyukai desain-desain produk futuristik. Untuk urusan kualitas, Zapo tidak bisa dipandang sebelah mata. Kecepatan transfer data bluetooth eksternal ini mencapai 150 Mbps.

Selain itu, bluetooth untuk PC juga masih mendukung penggunaan sistem operasi lama seperti Windows 7, Windows Vista, Windows XP, bahkan Windows 2000. Begitu juga dengan Mac OS. Untuk harganya sendiri Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp 185.000.

Back to Content ↑

7. Kextech Mini USB Wireless

Kextech Mini USB Wireless adalah adaptor bluetooth untuk PC yang memiliki kecepatan transfer sangat tinggi. Hal ini tak terlepas dari teknologi konektivitas Wi-Fi yang dimilikinya sehingga dapat mencapai kecepatan hingga 300 Mbps.

Dengan kecepatan tersebut, bluetooth untuk PC ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai alat transfer data dari atau ke PC Anda. Prosesnya akan lebih cepat dibandingkan dengan teknologi bluetooth yang lain.

Selain itu desainnya yang ramping dan juga ukurannya yang kecil membuat produk ini mudah dibawa kemana-mana. Bahkan Anda bisa selalu memasangnya pada PC atau laptop tanpa harus mengganggu penampilan atau fungsionalitas perangkat.

Kualitas baik yang dimiliki Kextech Mini USB Wireless ini tidak membuatnya dibanderol dengan harga mahal. Karena Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 61.700 saja dan sangat mudah ditemukan di e-commerce terkenal seperti Lazada dan Tokopedia.

Back to Content ↑

8. Vention Bluetooth 4.0

Vention Bluetooth 4.0 adalah bluetooth eksternal yang memiliki fitur cukup unik, yaitu Advanced Audio Distribution Profile atau yang disingkat dengan A2DP. Fitur ini membuat aktivitas streaming audio Anda lebih lancar saat menghubungkannya dengan perangkat audio seperti speaker maupun earphone.

Dalam penggunaannya, jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8 ke atas, maka Anda bisa langsung plug and play. Sedangkan untuk sistem operasi di bawah versi itu harus menginstall driver tersendiri.

Selain perangkat audio, produk bluetooth eksternal ini juga dapat dengan baik dihubungkan dengan perangkat lain seperti ponsel, keyboard, tablet, dan lain-lain.

Sayangnya Vention Bluetooth 4.0 hanya mendukung sistem operasi Windows saja. Jadi jika Anda menggunakan Linux, Mac OS, atau sistem operasi yang lain disarankan untuk menggunakan bluetooth eksternal tipe lain saja. Harganya sendiri yaitu Rp 77.000.

Back to Content ↑

Canggihnya teknologi konektivitas bluetooth membuat perangkat bluetooth untuk PC memiliki berbagai fitur menarik yang mendukung efektifitas penggunaan. Sehingga akan lebih meningkatkan produktivitas ketika bekerja atau beraktivitas dengan menggunakan perangkat ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!