Skip to main content

8 Rekomendasi Adapter Wi-Fi Wireless untuk PC Murah dan Cepat

8 Rekomendasi Adapter Wi-Fi Wireless untuk PC Murah dan Cepat
8 Rekomendasi Adapter Wi-Fi Wireless untuk PC Murah dan Cepat

8 Rekomendasi Adapter Wi-Fi Wireless untuk PC Murah dan Cepat

Kualitas internet pada Wi-Fi memang bermacam-macam. Ada yang cepat ada juga yang karena beberapa hal membuat koneksi Wi-Fi tersebut jadi lambat. Untuk beberapa kasus, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan adapter Wi-Fi wireless untuk PC.

Adapter Wi-Fi merupakan alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal Wi-Fi agar kecepatannya dioptimalkan. Alat ini cocok untuk Anda yang memiliki lokasi agak jauh dari router Wi-Fi sehingga kecepatannya lambat. Berikut kami rekomendasikan adapter Wi-Fi terbaik yang bisa Anda pakai.

menu TOC/Daftar Isi unfold-more-horizontal

8 Rekomendasi Wi-Fi Wireless PC Adapter

1. TP-Link

Produk pertama yang kami rekomendasikan untuk adapter Wi-Fi PC adalah produk dari TP-Link. Tentu saja nama merk yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kiprahnya di dunia digital. Produk-produknya selalu menduduki peringkat teratas dari segi kualitas termasuk produk adapter Wi-Fi.

Apalagi dengan kualitasnya yang jempolan, produk dari TP-Link tidak memiliki harga yang cukup mahal. Desainnya juga bagus mengingat TP-Link sudah sangat berpengalaman di bidang ini sehingga riset akan desainnya pasti sudah sangat baik.

Jika Anda bingung mau pilih produk TP-Link yang mana, kami bisa merekomendasikan salah satu adapter Wi-Fi terbaik mereka yakni TP-Link TL-WN725N. Wi-Fi diklaim mampu mengoptimasi kecepatan internet hingga 150 Mbps. Tentu saja semua kembali ke kecepatan dasar internet milik Anda.

Pemasangannya pun sangat mudah serta memiliki fitur keamanan yang canggih. Anda pun bisa dengan lebih mudah beradaptasi karena sudah tersedia 4 bahasa.

Back to Content ↑

2. Prolink

Wi-Fi adapter untuk PC selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah Prolink. Prolink adalah merk yang sudah lama bersaing di bidang produk nirkabel seperti modem dan Wi-Fi. Termasuk menyediakan produk Wi-Fi adapter ini.

Salah satu produk Wi-Fi dari Prolink yang bisa Anda coba adalah Prolink DH-5102U AC650. Wi-Fi ini memiliki harga 130 ribu rupiah saja. Produk dari Prolink ini sudah mendukung fitur dual band yang memiliki konektivitas fleksibel dengan standar 802.11 g/n/ac.

Pada frekuensi 5 GHz, Wi-Fi adapter ini dapat mencapai kecepatan 433 Mbps dan 200 Mbps pada frekuensi 2,4 GHz. Kecepatan ini tentu sudah sangat cukup untuk Anda bermain game online atau streaming video dengan lancar dan berkualitas tinggi.

Back to Content ↑

3. ASUS

Selain memiliki produk laptop yang berkualitas, ternyata Asus juga mengeluarkan produk lain yang tak kalah bagus. Salah satunya adalah adapter Wi-Fi wireless untuk PC. Salah satu adapter Wi-Fi terbaik yang dimiliki Asus di sektor ini adalah ASUS USB-AC68.

ASUS USB-AC68 membuat Anda dapat merasakan internet super cepat hanya dengan perangkat berukuran kecil saja. Karena adapter ini sudah dibekali dengan sebuah fitur bernama Wi-Fi dual band AC1900. Fitur ini juga akan mempermudah Anda dalam menggunakan alat yang satu ini.

Anda hanya tinggal memasangnya dan langsung menghubungkan dengan Wi-Fi yang sedang menyala. Tidak ada instalasi yang terlalu susah sehingga penggunaan pun bisa menjadi lebih cepat.

Penerimaan sinyal Wi-Fi dari ASUS USB-AC68 ini juga sangat baik karena memiliki hingga 3 antena. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menangkap sinyal Wi-Fi yang lemah karena letaknya yang cukup jauh.

Back to Content ↑

4. Netgear

Adapter Wi-Fi wireless untuk PC yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah salah satu produk dari Netgear yang bernama Netgear A6210. Dari sisi harga, memang Netgear A6210 ini relatif mahal. Tapi ini sebanding dengan kualitas yang mereka tawarkan.

Dimana salah satu adapter Wi-Fi wireless untuk PC ini menawarkan transfer data 10x lebih cepat dibandingkan dengan produk rata-rata lainnya. Selain itu ada juga tekonlogi bernama Beamforming+ yang mampu membuat sinyal lebih kuat sehingga jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

Dengan menggunakan adapter ini, Anda bisa menonton streaming video dan bermain game online dengan lebih tenang walaupun sinyal asli dari Wi-Fi cukup lemah dan jaraknya yang terlalu jauh. Netgear A6210 ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan harga 900 ribu rupiah.

Back to Content ↑

5. D-Link

Adapter Wi-Fi wireless buat PC berikutnya hadir dari merk bernama D-Link. Produk ini memiliki nama DWA-192. Adapter Wi-Fi ini bisa jadi pilihan yang bagus bagi Anda yang mencari adapter dengan bentuk yang unik.

Karena DWA-192 memiliki bentuk menyerupai bola. Berbeda dengan adapter lain yang kebanyakan memiliki bentuk persegi dengan antenna. Adapter Wi-Fi wireless untuk PC ini menyajikan kualitas yang di atas rata-rata. Adapter ini bisa meningkatkan kecepatan Wi-Fi hingga 1300 Mbps pada frekuensi 5 GHz.

Kecepatan tinggi yang dihasilkan oleh DWA-192 ini tak terlepas dari fitur SmartBeam yang tertanam di dalamnya. Dimana fitur ini dapat memfokuskan sinyal Wi-Fi ke perangkat Anda sehingga kecepatannya akan dioptimalisasi.

Back to Content ↑

6. Linksys

Linksys adalah merk yang sedang gencar melakukan ekspansi produk salah satunya ke Indonesia. Sekarang Anda sudah bisa menemukan produk mereka di e-commerce Indonesia termasuk adapter Wi-Fi wireless untuk PC.

Salah satu adapter Wi-Fi dari Linksys yang patut Anda pertimbangkan adalah WUSB6300. Adapter dengan harga 700 ribu rupiah ini memiliki sistem keamanan WPA/WPA2. Jadi Anda bisa mengamankan adapter ini sebagaimana seperti Anda mengamankan Wi-Fi.

Untuk kecepatannya, sudah terbilang cukup bagus dimana adapter ini mampu menangkap sinyal pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz dan mengoptimalisasi kecepatannya sehingga dapat digunakan dengan lebih baik.

Back to Content ↑

7. Totolink

Pilihan lain jika Anda menginginkan sebuah adapter Wi-Fi yang canggih, Anda bisa mencoba produk dari Totolink yaitu Totolink A650USM. Adapter yang satu ini memiliki teknologi next generation yakni MU-MIMO.

Fungsinya adalah untuk meningkatkan kualitas internet terutama pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Dengan kata lain, Totolink A650USM ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows versi berapapun.

Selain itu, produk dari Totolink ini juga dapat langsung dipakai tanpa harus menginstall driver apapun. Sehingga akan sangat mudah dalam hal instalasi dan lebih cepat digunakan daripada adapter yang harus menginstall driver dahulu.

Back to Content ↑

8. Mercusys

Jika Anda mencari adapter Wi-Fi wireless untuk PC yang memiliki harga sangat terjangkau, mungkin produk dari Mercusys bisa menjadi pilihan yang bagus. Seperti Mercusys MW300UM yang dibanderol dengan harga di bawah 100 ribu saja.

Namun meski harganya murah, tapi kualitasnya tentu tidak murahan. Adapter ini bisa meningkatkan kecepatan internet hingga 300 Mbps sehingga sudah cukup ideal untuk aktivitas sehari-hari seperti bermain game, streaming video, atau meeting secara online.

Selain itu ada juga fitur bernama SoftAP yang dapat membuat perangkat Anda memancarkan Wi-Fi untuk perangkat yang lain. Namun tentu saja kecepatannya akan banyak mengalami reduksi karena berbagai hal.

Back to Content ↑

Produk-produk adapter Wi-Fi wireless untuk PC di atas memang diklaim mampu meningkatkan kecepatan internet dengan cukup pesat. Namun perlu diketahui juga bahwa kecepatan internet tersebut kembali ke kecepatan dari Wi-Fi yang dioptimalisasi. Sekian Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat